Recent Posts

Posts RSS







































PG" width="320" />















































KEMBANGKAN BAKATMU SMPN 1 KEBONSARI, SEKOLAH FAVORITKU

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) TAHUN AJARAN 2010/2011



RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) 2





RKS
RAKS 1
RAKS 2
RAKS 3

Sasaran
ke-7: Pengembangan silabus dan RPP



Unsur
(Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


A. Dokumen Pendukung


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


a)   Dokumen KTSP

b)   Petunjuk pengembangan


Ada ,Standar

Ada, lengkap


 Ada,
Standar

Ada, lengkap


V

V


 

 


3.  Faktor eksternal


 


 


 


 


-       Referensi


Ada


Ada


V


 


     B. Ketenagaan


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Jumlah guru mata pelajaran


a. Cukup (1:30)


a. Cukup  1:20


V


 


    b. Kemampuan guru


b. 100% mampu


b. 70 %


 


V


    c.
Kesesuaian ijazah


c. 100 %


c. 90 %


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman menyusun.


a. Rata-rata 8 th


a. rata-rat  th


V


 


   
b.Kemampuan  meng   operasikan  komputer


b. 100% mampu


b. 60%


 


V


     C. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    - Laptop


a. 12 buah


a.1 buah


 


V


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    - Dukungan dana 


a.Ada


a. Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-8: Peningkatan pelaksanaan pembelajaran



Unsur
(Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


     A. Guru


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Rasio guru: siswa


a. Cukup (1:20)


a. Cukup  1:


V


 


    b. Kualifikasi guru


b. Min S 1


b. 94 %


V


 


    c.
Mengiktui pelatihan PAKEM


c. 100 %


c. 60 %


 


V


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman mengajar.


a. Rata-rata 8 th


a. rata-rat 12th


V


 


    b.
Kemampuan ICT


b. Cukup


b. Kurang


 


V


     B. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a.
Laptop

    b.
Media pembelajaran


a. 12 buah

b. lengkap


a.1 buah

b. kurang


 


V

V


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    - Dukungan dana 


a.Ada


a. Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-9: Peningkatan pelaksanaan penilaian



Unsur
(Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


     A. Guru


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Jadual penilaian


a. Ada


a. Ada


V


 


    b. Kemampuan menyusn   Perangkat penilaian


b. mampu


b. kurang


 


V


    c.
Kemampuan analisis penlai


c. mampu


c. kurang


 


V


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman menilai


a. Rata-rata 8 th


a. rata-rat 12th


V


 


    b.
Kemampuan ICT

 

 

 


b. Cukup


b. Kurang


 


V

 

 


     B. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a.
Laptop

    b.
ATK


a. 12 buah

b. Cukup


a.1 buah

b. Cukup


 

V


V

 


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    - Dukungan dana 


a.Ada


a. Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-10: Peningkatan
layanan perpustakaan



Unsur
(Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


     A. Ketenagaan


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Pustakawan


a. Ada


a. Ada


V


 


    b. Kualifikasi pustakawan


a.  Min SLTA


b. SLTA


V


 


 


 


 


 


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
- Pengalaman pembina


- Min 2 th


-  10 th


V


 

 


     B. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a.
Buku siswa

    b.
Buku referensi

    c.
Rak buku


a. ada lengkap

b.ada lengkap

c. 8 baik


a.ada kurang

b. ada kurang

c. 6 cukup baik


 

 


V

V

V


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    - Dukungan dana 


a.Ada


a. Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-11:
Peningkatan kompetensi guru



Unsur
(Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


     A. Guru


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Motivasi pengembangan diri


a. tinggi


a. tinggi


V


 


    b. Kesempatan pengbng
karir

 


b. Ada


b. Ada


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Melaksanakan PTK

 


a. Min1x per thn

 


a. 1x per 4 thn

 


 


V


     B. Fasilitas


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


    a.
MGMPS

    b.
Alokasi dana

    c. Buku referensi


a. Rutin

b. Cukup

c. Ada


a.Tidak rutin

b. Cukup

c. Ada


 

V

V


V

 


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    - MGMP Kabupaten


a.Aktif


a. Aktif


V


 


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-12: Peningkatan kompetensi tenaga
kependidikan lainnya



Unsur
(Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


     A. SDM


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Motivasi pengembangan diri


a. tinggi


a. tinggi


V


 


    b.
Kesempatan pengbng karir

    c.
Mengikuti pelatihan layanan

       
prima


b. Ada

c. 100%


b. Ada

c. 10 %


V


 

V


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Umur

 


a. Rata2 < 45


a. Rata=40 th


V


 

 


     B. Fasilitas


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


    a.
Tupoksi

    b.
Alokasi dana

    c.
Buku referensi


a. Ada

b. Cukup

c. Ada


a.Ada

b. Cukup

c. Ada


V

V

V


 

 


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    - MKKS


a.Aktif


a. Aktif


V


 


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-13: Perawatan sarana prasarana



Unsur (Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat Kesiapan


Siap


Tidak


A. Ketenagaan


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


a)  
Motivasi kerja

b)  
Tenaga pembantu pelaksana

c)  
Supervisi bidang


tinggi

6
orang

Rutin


 Tinggi

4
orang

Tidak
rutin


V

 

 


 

V

V


4.
 Faktor eksternal


 


 


 


 


-     
Pengalaman


Min  6 th


Min
8 th


V


 

 


     B. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


   
a. Alat kerja


a.
Lengkap


a.
Kurang


 


V


   
b.  Jawal kegiatan


b.
Ada


b.
Ada


V


 


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


   
- Dukungan dana


-  Mendukung


-  Mendukung


V


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-14:Pemenuhan sarana prasarana



Unsur (Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat Kesiapan


Siap


Tidak


A. Sarana pembelajaran


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


a)  
Laptop

b)  
LCD proyektor

c)  
Printer

d)  
Sarana Bola Voley

e)  
Sarana bola basket

 


12
buah

4
buah

6
buah

10
buah

6
buah


 1 buah

1
buah

4
buah

6
buah

2
buah


 

 

 


V

V

V

V

V


5.
 Faktor eksternal


 


 


 


 


-     
Dukungan dana


Cukup


Cukup


V

 

 


 

 


     B. Prasarana
Pembelajaran


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


a. Ruang kelas

b. Ruang lab

c. Lantai ruang kelas

d. Mebelair R kelas

e. Mebelair R Lab biologi

f.  Mebelair R Lab TIK

g. Mebelair R guru

h. Tralis R Lab

 


a.
21 ruang

b.
4 ruang

c.
keramik

d.
lengkap

e.
lengkap

f.
Lengkap

g.
Lengkap

h.
Lengkap


a. 21 ruang

b.
 4 ruang

c.tegel

d.
kurang

e.
blm ada

f.
kurang

g.
kurang

h.
kurang


V

V


 

 

V

V

V

V

V

V


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


   
- Dukungan dana


-  Mendukung


-  Mendukung


V


 


 


 


 


 


 


 


Program 15: Pemenuhan dokumen RKS/RKAS



Unsur (Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat Kesiapan


Siap


Tidak


A. Ketenagaan


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


a)  
Tim penyusun draf

b)  
Sosialisasi

c)  
Supervisi dan monev

 


a. Ada

b. Ada

c. Rutin

 


a. Ada

b. Kurang

c. Tdk rutin

 


V

 

 


 

V

V

 


6.
 Faktor eksternal


 


 


 


 


-     
Jumlah tenaga


Cukup


Cukup


V


 

 


     B. Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


a.
Perangkat computer

b.
ATK

c.
Buku pedoman


a.
Ada

b.
Cukup

c.
Ada

 


a.
Ada

b.
Cukup

c.
Ada

 


V

V

V


 


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


   
- Dukungan dana


-  Ada


-  Cukup


V


 


 


 


 


 


 


 


Program 16: Peningkatan efektifitas pembelajaran



Unsur
(Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


     A. Guru


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Beban tugas


a. 24 jam


a. 24 jam


V


 


    b. Kualifikasi guru


b. Min S 1


b. 94 %


V


 


    c.
Mengiktui pelatihan PAKEM


c. 100 %


c. 60 %


 


V


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman mengajar.


a. Rata-rata 8 th


a. rata-rat 12th


V


 


    b.
Kemampuan ICT

 


b. Cukup


b. Kurang


 


V


     B. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


                       


 


 


 


a. Jadwal pelajaran

b. Silabus/RPP

c. Penggunaan media

d.   JadwlSupervisi klinis

   


a.    Ada

b.    lengkap

c.    100%

d.    Ada

 


a. Ada

b. Tdk lengkap

c. 50 %

d. Ada


V

 

 

V


 

V

V

 


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    - Dukungan dana 


a.Ada


a. Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


 


Program 17: Pengembangan SIM Sekolah



Unsur (Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat Kesiapan


Siap


Tidak


A. Ketenagaan


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


a)  
Tim pelaksana

b)  
Kemampuan ICT

 


a. Ada

b. Mampu

 


a. Ada

b. Mampu

 


V

V

 


 

 


       2.
Faktor eksternal


 


 


 


 


-     
Jumlah tenaga


Cukup


Cukup


V


 

 


     B. Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


a.   
Komputer

b.   
Web sekolah

c.   
Papan  data administrasi

 


a.
Ada

b.
Ada

c.
lengkap

 


a.
 Ada

b.
Belum ada

c.
Blm lengkp

 


V

 

 


 

V

V


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


   
- Jaringan internet


-  Ada


-  Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


Program 18: Pengembangan sumber dana pendidikan



Unsur (Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat Kesiapan


Siap


Tidak


A. Pemerintah


 


 


 


 


 


 


 


 


 


a)  
BOS

b)  
Rutin

c)  
Lainnya

 


a. Ada

b. Ada

c. Ada


a. Ada

b. Ada

c. Ada

 


V

V

V

 


 

 


     B. Masyarakat


 


 


 


 


a.   
Komite

b.   
Alumni

c.   
lainya

 


a.
Ada

b.
Ada

c.
Ada

 


a.
 Belum ada

b.
Belum ada

c.
Belum ada


 

 

 


V

V

V


 


 


 


 


 


 


 


Program 19: Peningkatan pelaksanaan penilaian



Unsur
(Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


     A. Guru


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Beban tugas


a. 24 jam


a. 24 jam


V


 


    b. Kualifikasi guru


b. Min S 1


b. 94 %


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman mengajar.


a. Rata-rata 8 th


a. rata-rat 12th


V


 


    b.
Kemampuan mengolah data

 


b. Cukup


b. Kurang


 


V


     B. Perangkat
penilaian


 


 


 


 


1. Faktor intern


                       


 


 


 


a. Jadwal penilaian

b. Bank soal

c. Model penilaian

   


a.    Ada

b.    lengkap

c.    4 macam


a. Ada

b. Tdk lengkap

c. 2 macam

 


V

 

 

 


 

V

V

 


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    - Dukungan dana 


a.Ada


a. Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


Program 20: Pengembangan budaya tertib dan bersih



Unsur (Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat Kesiapan


Siap


Tidak


     A. Guru/Karyawan


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Pengetahuan tentang 
tatib


a.
Tinggi


a.
Tinggi


V


 


   
b. Kedisiplinan


b.
Cukup


b.
Cukup


V


 


    c. Kepedulian thdp
kebersihan


c.
Tinggi


c.
Tinggi


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
-  Kepedulian thdp
lingkungan


- Tinggi


-
Tinggi


V


 


C Siswa


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


        
a. Pengetahuan ttg  tatib


a.
Cukup


a.Cukup


V


 


   
b. Kedisiplinan


b.
Cukup


b. Kurang


 


V


    c. Kerajinan


c. Cukup


c. Cukup


V


 


2. Faktor ekstern


 


 


 


 


   
a. Kepedulian thdp kebersihan


a.
Cukup


a.
Kurang


 


V


   
b. Lingkungan sosial siswa


b.
Baik


b.
Baik


V


 


 


Program 21: Pengembangan taman sekolah



Unsur (Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat Kesiapan


Siap


Tidak


     A. Guru/Karyawan


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Pengetahuan tentang lingkungan


a.
Tinggi


a.
Tinggi


V


 


   
b. Kebiasaan menanam


b.
Cukup


b.
Cukup


V


 


    c. Kepedulian thdp
keindahan


c.
Tinggi


c.
Tinggi


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
-  Kepedulian thdp
lingkungan


-
Tinggi


-
Tinggi


V


 


C Siswa


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


        
a. Pengetahuan ttg 
lingkungan


a.
Cukup


a.Cukup


V


 


   
b. Kebiasaan menanam


b.
Cukup


b. Kurang


 


V


    c. Kepedulian thdp keindahan


c.
Cukup


c.
Kurang


 


V


2. Faktor ekstern


 


 


 


 


   
a. Kepedulian thdp lingkungan


a.
Cukup


a.
Kurang


 


V


   
b. Lingkungan sosial siswa


b.
Baik


b.
Baik


V


 


     D. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


   
a. Lahan


a.
Cukup


a.
Cukup


V


 


   
b. Alat pemeliharaan taman


b.
Lengkap


b.
Kurang


 


V


   
c. Alat kebersihan


c.
Lengkap


c.
Kurang


 


V


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


   
a. Ketersediaan bibit tanaman


a.
Cukup


a.
Kurang


 


V


   
b. Ketersediaan air


b.
Cukup


b.
Cukup


V


 


 


 


 


 


 


 


 


RKS
RAKS 1
RAKS 2
RAKS 3

0 komentar