RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) TAHUN AJARAN 2010/2011
Diposkan oleh SMPN 1 KEBONSARI di 9:06 AM
RKS
RAKS
RAKS 2
RAKS 3
RENCANA KEGIATAN
DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)
TAHUN AJARAN 2010/2011
A. ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH:
Masyarakat disekitar lingkungan SMPN 1 Kebonsari umumnya sudah menyadari akan pentingnya pendidikan . Hal ini dapat diketahui dari banyaknya siswa yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Banyak juga yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Bahkan ada kecenderungan masyarakat menginginkan sekolah yang bermutu yang menjadi tujuan utama, meskipun untuk itu harus menempuh jarak yang lebih jauh dan membayar lebih mahal. Keberadaan RSBI sudah diapresiasi oleh masyarakat di Kebonsari. Hal ini mendorong pihak sekolah untuk terus meningkatkan kinerja dan mengembangkan fasilitas yang dimilikinya dalam rangka memenuhi tuntutan
masyarakat.
B. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI :
a.
Kualitas Pembelajaran
Kualitas
pembelajaran secara umum sudah cukup baik, namun belum semua guru menerapkan
pembelajaran inovatip. Penggunaan media pembelajaran perlu peningkatan.
b.
Kondisi Guru
Jumlah
guru cukup, 49 (lima puluh orang) 94 % berkualifikasi S1, 65% telah memiliki
sertifikat pendidik professional.
c.
Tenaga TU
Tenaga tata usaha 5 orang, 3 orang mampu
mengoperasikan computer dengan baik.
d.Sarana perpustakaan cukup baik tetapi buku
pustaka khususnya untuk pembelajaran materi pelajaran kurang
e.
Siswa.
Secara umum siswa
berasal dari keluarga yang sosial ekonominya beragam, namun demikian motivasi
belajarnya cukup tinggi. Terutama untuk kegiatan ekstra kurikuler. Banyak siswa
yang tertarik dengan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler dan intra kurikuler. Terbukti
dengan prestasi di bidang olah raga dan olimpiade sain yang mampu bersaing ke
tingkat propinsi. Setiap kegiatan ekstrakurikuler diikuti siswa dengan
antusiasme tinggi .
C.ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH 1 (SATU) TAHUN
KE DEPAN.
Pada tahun
pelajaran 2009/2010 perolehan nilai UN SMPN 1 Kebonsari rata-rata 6,86, untuk
tahun pelajaran 2010/2011 diharapkan dapat meningkat hasilnya dengan nilai UN
rata-rata 7,06. Peningkatan dari tahun ke tahun diharapkan terus terjadi, tidak
hanya bidang akademik saja ( nilai UN), tetapi juga dibidang non akademik.
Dari
analisis di atas dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi SMPN 1 Kebonsari mempunyai
potensi untuk dapat bersaing di tingkat kabupaten Madiun bahkan di tingkat Propinsi
Jawa Timur.
D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN
No. | Kondisi pendidikan saat | Kondisi pendidikan masa datang | Besarnya tantangan nyata |
1. | Standar Kompetensi Lulusan | ||
A | Bidang akademik: | ||
- Rata2 pencapaian KKM semua mapel masih - Rata2 pencapaian NUN 6,86 | - Rata2 pencapaian KKM semua mapel minimal 7,00 - Rata2 pencapaian NUN 7,06 | 0,50 0,20 | |
B | Bidang non akademik: | ||
- Perolehan jumlah kejuaraan: 2 | - Perolehan jumlah kejuaraan: 3 | 1 jenis | |
C | Kelulusan: | ||
- Jumlah kelulusan 93% | - Jumlah kelulusan 95% | 2% | |
2 | Standar Isi | Standar Isi | |
A | Buku KTSP (Buku/Dokumen-1): | ||
Tersusun Buku KTSP | Tersusun Buku KTSP yang sudah | Mengintegrasikan Pend. | |
B | Silabus: | Silabus: | |
- | - | Menyesuaikan Silabus dg kondisi sekolah dan | |
C | Rencana Pelaksanaan | ||
- Tersusun RPP semua mapel kelas 7,8 dan 9 | - Tersusun RPP semua mapel kelas 7,8 dan 9 | - RPP semua mapel terintegrasi Pendidikan | |
3. | Standar Proses | ||
A | Persiapan pembelajaran: | Persiapan pembelajaran: | |
- Kepemilikan silabus oleh guru: 90% - Kepemilikan RPP oleh guru: 90% memiliki - Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 80% | - Kepemilikan silabus oleh guru: 100% - Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki - Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: | 10% 10% 20% | |
B | Persyaratan | ||
- Jumlah siswa per rombel: 32 anak - Beban mengajar guru: 24 jam/minggu - Ratio antara jumlah siswa dengan buku - Pengelolaan kelas: 80% | - Jumlah siswa per rombel: 32 anak - Beban mengajar guru= 24 jam/minggu - Ratio antara jumlah siswa dengan buku - Pengelolaan kelas: 100% | - - 2 20 % | |
C | Pelaksanaan | Pelaksanaan | |
- Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran - Penerapan CTL: 60% - Penerapan pembelajaran tuntas: 85% - Penerapan PAKEM: 70% - Cakupan pelaksanaan penutup dalam | - Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran - Penerapan CTL: 100% - Penerapan pembelajaran tuntas: 90% - Penerapan PAKEM: 85% - Cakupan pelaksanaan penutup dalam | 10% 40% 15% 20% | |
D | Pelaksanaan | Pelaksanaan | |
- Pengembangan instrumen penilaian hasil - Variasi jenis penilaian: 2 jenis - Pengolahan/analisis hasil penilaian: 80 - Pemanfaatan/tindak lanjut hasil | - Pengembangan instrumen penilaian hasil - Variasi jenis penilaian: 3 jenis - Pengolahan/analisis hasil penilaian: 100% - Pemanfaatan/tindak lanjut hasil | 10% 1 jenis 20% 10% | |
E | Pengawasan | ||
- Cakupan kegiatan pemantauan - Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: - Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: - Dokumen pelaporan hasil evaluasi - Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: | - Cakupan kegiatan pemantauan - Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: - Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: - Dokumen pelaporan hasil evaluasi - Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi | 40% 30% 20% 30% 25% | |
4 | Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan: | ||
A | Kepala sekolah: | ||
- Pelatihan TIK : belum pernah - Belum pernah Pelatihan manajerial - Belum pernah Pelatihan kewirausahaan
| - pelatihan TIK min. 1 kali - pelatihan manajerial sekolah (MBS) min.1 - pelatihan kewirausahaan min. 1 kali | - - 1 - 1 | |
B | Guru: (bersifat rata-rata) | Guru: (bersifat rata-rata) | |
- Pelatihan pembelajaran tuntas: 90% - Pelatihan penilaian/evaluasi pembelajaran: 90% - Pelatihan TIK: 60% - Pelatihan KTSP: 90% - Pelatihan penelitian pendidikan: 70% - Pengabdian masyarakat: 90% - Pelatihan PAKEM: 80% - Jumlah guru S1: 94% | - Pelatihan pembelajaran tuntas: 100% - Pelatihan penilaian dan evaluasi - Pelatihan TIK: 90% - Pelatihan KTSP: 100% - Pelatihan penelitian pendidikan: 90% - Pengabdian masyarakat: 100% - Pelatihan PAKEM: 100% - Jumlah guru S1: 98% | 10% 10% 30% 10% 20 % 10% 20% 4% | |
C | Tenaga TU, Laboran, | ||
- Pelatihan TIK: 40% - Pelatihan bidangnya: 70% - Jumlah laboran IPA: 1 orang - Jumlah Pustakawan 1orang | - Pelatihan TIK: 50% - Pelatihan bidangnya: 100% - Jumlah laboran IPA: 2 orang - Jumlah Pustakawan 2 orang | 10% 30% 1 orang 1 orang | |
5 | Standar Sarana dan Prasarana | ||
A | Sarana dan Prasarana Minimal | ||
- Lantai - Lantai - Ruang Lab. IPA: 2 buah, 1 ruang belum ada meubeler - Ruang Lab Bahasa : 1 Buah belum ada sarana - Lapangan - Taman sekolah belum tertata dengan baik | - Lantai - Lantai - Ruang Lab. IPA: 2 buah lengkap dengan meubeler - Ruang Lab Bahasa : 1 Buah lengakap sarana - Lapangan - | Keramik lantai Keramik lantai Mebeler r. Sarana r. Lab Bahasa Perbaikan lap. olahraga Menata taman sekolah | |
B | Sarana dan Prasarana Lainnya | ||
- Sarana olahraga dan seni kurang lengkap | - Sarana olahraga dan seni lengkap | -melengkapi | |
C | Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian | ||
- Komputer Guru: ada 2 unit - Komputer TU: 2 unit - Komputer perpustakaan: tidak ada - Komputer Lab IPA: 1 unit - Jaringan internet: ada | - Komputer Guru: 5 unit - Komputer TU: 2 unit - Komputer perpustakaan: 1 unit - Komputer Lab IPA: 2 unit - Jaringan internet: ada | 3 unit - 1 unit 1 unit | |
6. | Standar Pengelolaan | Standar Pengelolaan | |
A | Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan: | ||
- Dokumen RKS dan RKAS 90% - Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 95% - Dokumen kode etik sekolah: belum ada - Dokumen penugasan guru: 95% - Dokumen administrasi sekolah lainnya: | - Dokumen RKS dan RKAS: 100% - Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: - Dokumen kode etik sekolah: ada - Dokumen penugasan guru: 100% - Dokumen administrasi sekolah lainnya: | 10% 5% Penyusunan kode etik sekolah 5% 10% | |
B | Struktur organisasi dan mekanisme kerja: | ||
- Struktur organisasi: 100% lengkap - Dokumen pembagian - Dokumen mekanisme fungsi/tugas | - Struktur organisasi: 100% lengkap - Dokumen pembagian - Dokumen mekanisme fungsi/tugas | - 5 % 20% | |
C | Supervisi, monitoring, evaluasi, dan | ||
- Ada instrumen supervisi 80% - Ada instrumen monitoring 80% - Ada instrumen evaluasi 80% - Ada instrumen akreditasi 90% - Ada pelaporan supervisi 80% - Ada pelaporan monitoring80% - Ada pelaporan evaluasi 80% - Ada pelaporan akreditasi internal 75% - Pendokumentasian:90% - Tindak lanjut: 80% | - Ada instrumen supervisi: 100% - Ada instrumen monitoring: 100% - Ada instrumen evaluasi: 100% - Ada instrumen akreditasi: 100% - Ada pelaporan supervisi: 100% - Ada pelaporan monitoring: 100% - Ada pelaporan evaluasi: 100% - Ada pelaporan akreditasi internal: 90% - Pendokumentasian:100% - Tindak lanjut: 100% | 20% 20% 20% 10% 20% 20% 20% 15% 10% 20% | |
D | Kemitraan dan peranserta masyarakat: | ||
- Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 95% - Dokumen program kerja komite sekolah: 90% - Kepengurusan komite sekolah: 100% | - Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 100% - Dokumen program kerja komite sekolah: - Kepengurusan komite sekolah: 100% | 5% 10% -
| |
7. | Standar Keuangan dan Pembiayaan | ||
A | Sumber dana: 3 buah | Sumber dana: minimal 4 | 1 |
B | Pengalokasian dana: 8 SNP | Pengalokasian dana: minimal 8 SNP | - |
C | Penggunaan dana: 90% benar | Penggunaan dana: 100% benar | 10% |
D | Pelaporan penggunaan dana: 100% | Pelaporan penggunaan dana: 100% | - |
E | Dokumen pendukung pelaporan: 90% | Dokumen pendukung pelaporan: 100% | 10% |
8. | Standar | ||
A | Perangkat penilaian semua mapel pada semua | Perangkat penilaian semua mapel pada semua | 10% |
B | Pelaksanaan penilaian semua mapel pada semua | Pelaksanaan penilaian semua mapel pada semua | 5% |
C | Pengembangan bank soal semua mapel pada semua | Pengembangan bank soal semua mapel pada semua | 25% |
D | Pelaksanaan uji coba UN 4 x | Pelaksanaan uji coba UN 6 x | 2 x uji coba |
Tujuan situasional
pada tahun 2010/2011 adalah:
1. Sekolah mengembangkan peningkatan
prestasi akademik
2. Sekolah mengembangkan kejuaraan
akademik
3. Sekolah mengembangkan penikatan
prestasi non akademik
4. Sekolah mengembangkan
karakter/akhlak mulia
5. Sekolah mengembangkan model PSB
6. Sekolah mengembangkan Buku 1 KTSP
7. Mengembangkan silabus dan RPP kelas
7,8 dan 9 semua mata pelajaran.
8. Mengembangkan peningkatan
pelaksanaan pembelajaran
9. Mengembangkan instrumen penilaian
10. Mengembangkan peningkatan layanan
perpustakaan
11. Mengembangkan peningkatan kompetensi
guru
12. Mengembangkan peningkatan kompetensi
tenaga kependidikan
13. Melaksanakan perawatan sarana
prasarana
14. Mengembangkan pemenuhan sarana
prasarana
15. Mengembangkan pemenuhan dokumen
RKS/RKAS
16. Mengembangkan peningkatan
efektifitas pembelajaran
17. Mengembangkan Sistem Informasi
Manajemen Sekolah
18. Mengembangkan sumber dana pendidikan
19. Mengembangkan peningkatan
pelaksanaan penilaian
20. Mengembangkan budaya tertib/bersih
21. Mengembangkan taman
sekolah.
F.
IDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SETIAP
SASARAN
Sasaran
ke-1: Peningkatan prestasi bidang akademik
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Kegiatan pembelajaran
b) Ketenagaan
c) Siswa
d) Sarana
prasarana
Sasaran ke-2: Pengembangan
kejuaraan akademik
Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Kegiatan pembinaan
b) Ketenagaan
c) Kesiswaan
d) Sarana prasarana
Sasaran
ke-3: Peningkatan prestasi non akademik
Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Kegiatan pembinaan
b) Ketenagaan
c) Kesiswaan
d) Sarana prasarana
Sasaran
ke-4: Pengembangan karakter/
akhlak mulia
Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Kegiatan pembinaan
b) Ketenagaan
c) Kesiswaan
d) Sarana prasarana
Sasaran ke-5: Pengembangan
model PSB
Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Ketenagaan
b) Sarana prasarana
Sasaran
ke-6: Pengembangan Buku-1
KTSP (Dokumen-1 KTSP)
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Dokumen pendukung
b) Ketenagaan
c) Sarana prasarana
Sasaran
ke-7: Pengembangan silabus dan RPP
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Dokumen pendukung
b) Ketenagaan
c) Sarana prasarana
Sasaran ke-8: Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Guru
b) Sarana prasarana
Sasaran
ke-9: Peningkatan pelaksanaan
penilaian pembelajaran
Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Guru
b) Sarana prasarana
Sasaran ke-10: Peningkatan layanan perpustakaan
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan
sasaran tersebut :
a) Ketenagaan
b) Sarana prasarana
Sasaran ke-11: Peningkatan kompetensi guru
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan
sasaran tersebut :
a) KemampuanGuru
b) Fasilitas
Sasaran ke-12: Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
lainnya
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) SDM
b) Fasilitas
Sasaran ke-13: Perawatan sarana-prasarana
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Ketenagaan
b) Sarana prasarana
Sasaran ke-14: Pemenuhan sarana-prasarana
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Sarana pembelajaran
b) Prasarana pembelajaran
Sasaran
ke-15: Pemenuhan dokumen RKS/ RKAS
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Ketenagaan
b) Sarana prasarana
Sasaran ke-16: Peningkatan efektifitas
pembelajaran
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Guru
b)
Sarana
prasarana
Sasaran ke-17: Pengembangan SIM
sekolah
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Ketenagaan
b) Sarana prasana
Sasaran ke-18: Pengembangan sumber dana pendidikan
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Pemerintah
b) Masyarakat lingkungan sekolah
Sasaran ke-19: Peningkatan
pelaksanaan penilaian
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Guru
b) Perangkat penilaian
Sasaran ke-20: Pengembangan budaya tertib/bersih
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Guru/karyawan
b) Siswa
Sasaran ke-21: Pengembangan
taman sekolah
Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :
a) Guru/karyawan
b) Siswa
G.
ANALISIS
SWOT
Sasaran 1
: Peningkatan prestasi bidang akademik
Fungsi dan | Kriteria Kesiapan | Kondisi Nyata | Tingkat | |
Siap | Tidak | |||
A. Kegiatan Pembelajaran | ||||
1. Faktor internal | ||||
a. Jadwal Kegiatan | a.Ada | a. | V | |
b. Pelaksanaan Evaluasi | b.Ada | b. | V | |
2. | ||||
a. | a. Baik | a. Kurang | V | |
| b. | b. Tidak ada | V | |
B. Ketenagaan | ||||
1. | ||||
| a. Cukup | a. Cukup | V | |
b. Kualifikasi guru | b. Min S 1 | b. 96 % | V | |
c. | c. 100 % | c. 100 % | V | |
| ||||
| a. Rata-rata 9 th | a. rata-rat 12th | V | |
b. | b. mampu 100% | b. 95 % | V | |
c. | c. Ada/Aktif | c. Tidak Aktif | V | |
C Kesiswaan | ||||
1. Faktor intern | ||||
a. Motivas belajar | a. Tinggi | a.Cukup tinggi | V | |
b. Kelompok belajar | b. Aktif | b.Kurang | V | |
2. Faktor ekstern | ||||
a. Bimbingan orang tua | a. Kondusif | a. Kondusif | V | |
b. Lingkungan sosial siswa | b. Baik | b. Baik | V | |
D. Sarana dan | ||||
1. Faktor intern | ||||
a. Alat-alat | a. Lengkap | a. Kurang | V | |
b. Ruang belajar | b. Lengkap | b. Lengkap | V | |
c. Jadwal pembinaan /bimb. | c. | c. Tidak ada | V | |
2. Faktor eksternal | ||||
a. Dukungan | a. Mendukung | a. Mendukung | V | |
Sasaran ke-2: Pengembangan kejuaraan akademik
Fungsi dan | Kriteria | Kondisi | Tingkat | |
Kesiapan | Nyata | Siap | Tidak | |
A. Kegiatan Pembinaan | ||||
1. Faktor internal | ||||
a. Jadwal Kegiatan | a.Ada | a. | V | |
| b.Rutin | b. Tidak rutin | V | |
c. Intensitas pembinaan | c. 2x perminggu | c. Tidak rutin | V | |
2. | ||||
| a.Tinggi | a. Tinggi | V | |
b. | b. Cukup | b. Cukup | V | |
B. Ketenagaan | ||||
1. | ||||
| a. Cukup | a. Cukup | V | |
b. Kualifikasi | b. S1 | b. S1 | V | |
| ||||
a. | a. Min 8 th | a. Min 12 th | V | |
b. | b. mampu 100% | b. 100 % | V | |
C Kesiswaan | ||||
1. Faktor intern | ||||
a.Motivas | a. Tinggi | a.Tinggi | V | |
b.Keaktifan dlm kegiatan | b. Tinggi | b.Baik | V | |
2. Faktor ekstern | ||||
a. Bimbingan orang tua | a. Kondusif | a. Kondusif | V | |
b. Lingkungan sosial siswa | b. Baik | b. Baik | V | |
D. Sarana dan | ||||
1. Faktor intern | ||||
a. Bank soal | a. Lengkap | a. Kurang | V | |
b. Ruang belajar | b. | b. | V | |
c. Jadwal pembinaan /bimb. | c. | c. | V | |
2. Faktor ekstern | ||||
a. Dukungan orang tua | a. Mendukung | a. Mendukung | V | |
b. Alokasi dana | b. | b. | V | |
Sasaran ke-3: Peningkatan prestasi non akademik
Fungsi dan | Kriteria | Kondisi | Tingkat | |
Kesiapan | Nyata | Siap | Tidak | |
A. Kegiatan Pembinaan | ||||
1. Faktor internal | ||||
a. Jadwal Kegiatan | a.Ada | a. | V | |
b. | b.Rutin | b. Tidak rutin | V | |
c. Intensitas pembinaan | c. 2x perminggu | c. Tidak rutin | V | |
2. | ||||
a. Budaya | a.Tinggi | a. Tinggi | V | |
b. Kesempatan latih tanding | b. Cukup | b. Cukup | V | |
B. Ketenagaan | ||||
1. | ||||
| a. 3 orang | a. 2 orang | V | |
b. | c. 100 % | c. 100 % | V | |
| ||||
| a. Min 8 th | a. Min 10 th | V | |
b. | b. mampu 100% | b. 100 % | V | |
C Kesiswaan | ||||
1. Faktor internal | ||||
a. Motivas siswa | a. Tinggi | a.Tinggi | V | |
b. Input kemampuan dasar | b. Tinggi | b.Tinggi | V | |
2. Faktor eksternal | ||||
a. Dukungan dari | a. Kondusif | a. Kondusif | V | |
b. Kesempatan berprestasi | b. | b. | V | |
D. Sarana dan Prasarana | ||||
1. Faktor intern | ||||
a. Lapangan Olah raga | a. | a. | V | |
b. Peralatan latihan | b. Lengkap | b. Kurang | V | |
c. Peralatan seni | c. Lengkap | c. Kurang | V | |
2. Faktor ekstern | ||||
a. Dukungan | a. Mendukung | a. Mendukung | V | |
b. Mengikuti turnamen/lomba | b.Min 3 kali | b. 1 kali | V |
Sasaran ke-4:Pengembangan karakter dan akhlak
mulia
Fungsi dan | Kriteria | Kondisi | Tingkat | |
Kesiapan | Nyata | Siap | Tidak | |
A. Kegiatan Pembinaan | ||||
1. Faktor internal | ||||
a. Jadwal Kegiatan | a.Ada | a. | V | |
| b.Rutin | b. Tidak rutin | V | |
c. Intensitas pembinaan | c. 2x perminggu | c. Tidak rutin | V | |
2. | ||||
| a.Tinggi | a. Tinggi | V | |
masyarakat | ||||
B. Ketenagaan | ||||
1. | ||||
a. Jumlah | a. Cukup | a. kurang | V | |
b. Kualifikasi | b. S1 | b. S1 | V | |
| ||||
| a. Min 8 th | a. Min 12 th | V | |
b. | b. mampu 100% | b. 100 % | V | |
C Kesiswaan | ||||
1. Faktor intern | ||||
a.Motivasi | a. Tinggi | a.Tinggi | V | |
b.Keaktifan dlm kegiatan | b. Tinggi | b.Baik | V | |
2. Faktor ekstern | ||||
a. Bimbingan orang tua | a. Kondusif | a. Kondusif | V | |
b. Lingkungan sosial siswa | b. Baik | b. Baik | V | |
D. Sarana dan | ||||
1. Faktor intern | ||||
a. Tenda berkemah | a. Lengkap | a. Kurang | V | |
b. Ruang belajar | b. | b. | V | |
c. Jadwal pembinaan /bimb. | c. | c. | V | |
2. Faktor ekstern | ||||
a. Dukungan orang tua | a. Mendukung | a. Mendukung | V | |
b. Alokasi dana | b. | b. | V | |
Sasaran ke-5:Pengembangan model PSB
Fungsi dan | Kriteria | Kondisi | Tingkat | |
Kesiapan | Nyata | Siap | Tidak | |
A. Ketenagaan | ||||
1. | ||||
| a. Cukup | a. Cukup | V | |
b. Kualifikasi | b. S1 | b. S1 | V | |
| ||||
| a. Min 8 th | a. Min 12 th | V | |
b. | b. mampu 100% | b. 100 % | V | |
B. Sarana prasarana | ||||
1. Faktor internal | ||||
a. Perangkat komputer | a.Ada | a. | V | |
| b.Rutin | b. Tidak rutin | V | |
c. Sarana sosialisasi | c. 2 macam | c. 1 macam | V | |
2. | ||||
| a.Ada | a. Ada | V | |
|
Sasaran ke-6:
Pengembangan Buku 1 KTSP
Unsur | Kriteria Kesiapan | Kondisi Nyata | Tingkat | |
Siap | Tidak | |||
A. Dokumen Pendukung | ||||
1. Faktor internal | ||||
a) Dokumen KTSP b) Program pengembangan | Tidak ada | V | V | |
2. Faktor eksternal | ||||
- Referensi | V | |||
B. Ketenagaan | ||||
1. | ||||
| a. Cukup (1:30) | a. Cukup 1:20 | V | |
b. Kualifikasi guru | b. Min S 1 | b. 94 % | V | |
c. | c. 100 % | c. 90 % | V | |
| ||||
| a. Rata-rata 8 th | a. rata-rat 1 th | V | |
b. | b. | b. Tidk ada | V | |
C. Sarana dan | ||||
1. Faktor intern | ||||
- Laptop | a. 12 buah | a.1 buah | V | |
2. Faktor eksternal | ||||
- Dukungan dana | a.Ada | a. | V | |
RAKS
RAKS 2
RAKS 3
Label: 2. RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) TAHUN AJARAN 2010/2011 FINAL 1
0 komentar:
Post a Comment