Recent Posts

Posts RSS







































PG" width="320" />















































KEMBANGKAN BAKATMU SMPN 1 KEBONSARI, SEKOLAH FAVORITKU

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) TAHUN AJARAN 2010/2011



RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)





RKS
RAKS
RAKS 2
RAKS 3

RENCANA KEGIATAN
DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)

TAHUN AJARAN 2010/2011


A. ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH:


Masyarakat disekitar lingkungan SMPN 1 Kebonsari umumnya sudah menyadari akan pentingnya pendidikan . Hal ini dapat diketahui dari banyaknya siswa yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Banyak juga yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Bahkan ada kecenderungan masyarakat menginginkan sekolah yang bermutu yang menjadi tujuan utama, meskipun untuk itu harus menempuh jarak yang lebih jauh dan membayar lebih mahal. Keberadaan RSBI sudah diapresiasi oleh masyarakat di Kebonsari. Hal ini mendorong pihak sekolah untuk terus meningkatkan kinerja dan mengembangkan fasilitas yang dimilikinya dalam rangka memenuhi tuntutan
masyarakat.

B. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI :


a.
Kualitas Pembelajaran


Kualitas
pembelajaran secara umum sudah cukup baik, namun belum semua guru menerapkan
pembelajaran inovatip. Penggunaan media pembelajaran perlu peningkatan.


b.
Kondisi Guru


Jumlah
guru cukup, 49 (lima puluh orang) 94 % berkualifikasi S1, 65% telah memiliki
sertifikat pendidik professional.


c.
Tenaga TU


Tenaga tata usaha 5 orang, 3 orang mampu
mengoperasikan computer dengan baik.


d.Sarana perpustakaan cukup baik tetapi buku
pustaka khususnya untuk pembelajaran materi pelajaran kurang


e.
Siswa.


Secara umum siswa
berasal dari keluarga yang sosial ekonominya beragam, namun demikian motivasi
belajarnya cukup tinggi. Terutama untuk kegiatan ekstra kurikuler. Banyak siswa
yang tertarik dengan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler dan intra kurikuler. Terbukti
dengan prestasi di bidang olah raga dan olimpiade sain yang mampu bersaing ke
tingkat propinsi.
Setiap kegiatan ekstrakurikuler diikuti siswa dengan
antusiasme tinggi .



C.ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH 1 (SATU) TAHUN
KE DEPAN.


Pada tahun
pelajaran 2009/2010 perolehan nilai UN SMPN 1 Kebonsari rata-rata 6,86, untuk
tahun pelajaran 2010/2011 diharapkan dapat meningkat hasilnya dengan nilai UN
rata-rata 7,06. Peningkatan dari tahun ke tahun diharapkan terus terjadi, tidak
hanya bidang akademik saja ( nilai UN), tetapi juga dibidang non akademik.


Dari
analisis di atas dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi SMPN 1 Kebonsari mempunyai
potensi untuk dapat bersaing di tingkat kabupaten Madiun bahkan di tingkat Propinsi
Jawa Timur.



D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN



No.


Kondisi pendidikan saat
ini


Kondisi pendidikan masa datang


Besarnya tantangan nyata


1.


Standar Kompetensi Lulusan



A


Bidang akademik:





- Rata2 pencapaian KKM semua mapel masih
sekitar 6,50

- Rata2 pencapaian NUN 6,86


- Rata2 pencapaian KKM semua mapel minimal 7,00

 

- Rata2 pencapaian NUN  7,06

 


0,50

 

 

0,20


B


Bidang non akademik:


 


 


 


- Perolehan jumlah kejuaraan: 2
jenis/bidang pada tk kabupaten (Olah raga )

 


- Perolehan jumlah kejuaraan: 3
jenis/bidang pada tk kabupaten (Olah raga
dan Olimpiade Sains Nasional)


1 jenis

 


C


Kelulusan:


 


 


 


- Jumlah kelulusan  93%

 

 


- Jumlah kelulusan 95%


2%


2


Standar Isi


Standar Isi


 


A


Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):


 


 


 


Tersusun Buku KTSP

 

 


Tersusun Buku KTSP  yang sudah
memuat Pendidikan budaya dan Karakter Bangsa

 


Mengintegrasikan Pend.
Budaya dan Karakter Bangsa pd KTSP

 


B


Silabus:


Silabus:


 


 


-     
Tersusun
silabus 12 mapel kelas 7 , 8 dan 9

 


-     
Tersusun
silabus 12 mapel kelas 7,8 dan 9 yang sudah direvisi sesuai kondisi sekolah
dan sudah terintegrasi Pendidikan budaya dan karakter bangsa


Menyesuaikan Silabus dg kondisi sekolah dan
sudah terintegrasi pendidikan budaya dan karakter bangsa  


C


Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP):


 


 


 


- Tersusun RPP semua mapel kelas 7,8 dan 9

 

 

 

 

 

 

 


- Tersusun RPP semua mapel kelas 7,8 dan 9
yang sudah dan sudah terintegrasi Pendidikan Budaya dan karakter bangsa

 


- RPP semua mapel terintegrasi Pendidikan
Budaya dan karakter bangsa


3.


Standar Proses


 


 


 A


Persiapan pembelajaran:


Persiapan pembelajaran:


 


 


- Kepemilikan silabus oleh guru: 90%
memiliki

- Kepemilikan RPP oleh guru: 90% memiliki

- Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 80%


- Kepemilikan silabus oleh guru: 100%
memiliki

- Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki

- Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:
100%


10%

 

10%

 

20%

 


B


Persyaratan
Pembelajaran


 


 


 


- Jumlah siswa per rombel: 32 anak

- Beban mengajar guru:  24 jam/minggu

- Ratio antara jumlah siswa dengan buku
teks mapel 3:1

- Pengelolaan kelas: 80%


- Jumlah siswa per rombel: 32 anak

- Beban mengajar guru= 24 jam/minggu

- Ratio antara jumlah siswa dengan buku
tekas mapel 1:1

- Pengelolaan kelas: 100%


-

 

-

 

 

2

20 %


C


Pelaksanaan
pembelajaran:


Pelaksanaan
pembelajaran:


 


 


- Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran
oleh guru di kelas: 90%

- Penerapan CTL: 60%

- Penerapan pembelajaran tuntas: 85%

- Penerapan PAKEM: 70%

- Cakupan pelaksanaan penutup dalam
pembelajaran: 80%


- Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran
oleh guru di kelas: 100%

- Penerapan CTL: 100%

- Penerapan pembelajaran tuntas: 90%

- Penerapan PAKEM: 85%

- Cakupan pelaksanaan penutup dalam
pembelajaran: 100%


10%

 

 

40%

 

 

15%

20%

 


D


Pelaksanaan
penilaian pembelajaran:


Pelaksanaan
penilaian pembelajaran:


 


 


- Pengembangan instrumen penilaian hasil
belajar: 90%

- Variasi jenis penilaian: 2 jenis

- Pengolahan/analisis hasil penilaian: 80
%

 

- Pemanfaatan/tindak lanjut hasil
penilaian:
90%

 


- Pengembangan instrumen penilaian hasil
belajar: 100%

- Variasi jenis penilaian: 3 jenis

 

- Pengolahan/analisis hasil penilaian: 100%

 

- Pemanfaatan/tindak lanjut hasil
penilaian:
100%


10%

 

1 jenis

 

20%

 

 

10%


E


Pengawasan
proses pembelajaran:


 


 


- Cakupan kegiatan pemantauan
pembelajaran: 60%

- Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran:
70%

- Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran:
80%

- Dokumen pelaporan hasil evaluasi
pembelajaran: 70%

- Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran:
75%

 

 

 


- Cakupan kegiatan pemantauan
pembelajaran: 100%

- Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran:
100%

- Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran:
100%

- Dokumen pelaporan hasil evaluasi
pembelajaran: 100%

- Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi
pembelajaran: 100%


40%

 

 

30%

 

20%

30%

 

25%


4


Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:


 


A


Kepala sekolah:


 


 


 


 

- Pelatihan TIK : belum pernah

- Belum pernah Pelatihan manajerial
sekolah (MBS)

- Belum pernah Pelatihan kewirausahaan

 


 

- pelatihan TIK min. 1 kali

 

- pelatihan manajerial sekolah (MBS) min.1
kali

- pelatihan kewirausahaan min. 1 kali


 

-
1 kali

 

- 1
kali

 

- 1
kali

 

 


B


Guru: (bersifat rata-rata)


Guru: (bersifat rata-rata)


 


 


- Pelatihan pembelajaran tuntas: 90%

- Pelatihan penilaian/evaluasi pembelajaran: 90%

- Pelatihan TIK: 60%

- Pelatihan KTSP: 90%

- Pelatihan penelitian pendidikan: 70%

- Pengabdian masyarakat: 90%

- Pelatihan PAKEM: 80%

- Jumlah guru S1: 94%

 

 


- Pelatihan pembelajaran tuntas: 100%

- Pelatihan penilaian dan evaluasi
pembelajaran: 100%

- Pelatihan TIK: 90%

- Pelatihan KTSP: 100%

- Pelatihan penelitian pendidikan: 90%

- Pengabdian masyarakat: 100%

- Pelatihan PAKEM: 100%

- Jumlah guru S1: 98%


10%

 

10%

 

30%

10%

20 %

 

10%

20%

4%             


C


Tenaga TU, Laboran,
Pustakawan,:(bersifat rata-rata)


 


 


- Pelatihan TIK: 40%

- Pelatihan bidangnya: 70%

- Jumlah laboran IPA: 1 orang

- Jumlah Pustakawan 1orang

 


- Pelatihan TIK: 50%

- Pelatihan bidangnya: 100%

- Jumlah laboran IPA: 2 orang

- Jumlah Pustakawan 2 orang


10%

30%

1 orang

1 orang


5


Standar Sarana dan Prasarana


 


A


Sarana dan Prasarana Minimal


 


 


- Lantai
ruang guru : tegel

 

- Lantai
ruang perpustakaan:  tegel

- Ruang Lab. IPA: 2 buah, 1 ruang belum ada meubeler

- Ruang Lab Bahasa : 1 Buah belum ada sarana

- Lapangan
olahraga kurang memadai

- Taman sekolah belum tertata dengan baik

 


- Lantai
ruang guru : keramik

 

- Lantai
ruang perpustakaan: keramik

- Ruang Lab. IPA: 2 buah lengkap dengan meubeler

- Ruang Lab Bahasa : 1 Buah lengakap sarana

- Lapangan
olahraga memadai

 

- Taman sekolah tertata dengan baik

 


Keramik lantai

Keramik lantai

Mebeler r. 
lab. IPA

Sarana r. Lab Bahasa

 

Perbaikan lap. olahraga

Menata taman sekolah


B


Sarana dan Prasarana Lainnya


 


 


- Sarana olahraga dan seni kurang lengkap


- Sarana olahraga dan seni lengkap


-melengkapi
sarana olahraga dan seni


C


Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian


 


 


- Komputer Guru:  ada 2 unit

- Komputer TU: 2 unit

- Komputer perpustakaan: tidak ada

- Komputer Lab IPA: 1 unit

- Jaringan internet:  ada


- Komputer Guru: 5 unit

- Komputer TU: 2 unit

- Komputer perpustakaan: 1 unit

 

- Komputer Lab IPA: 2 unit

- Jaringan internet: ada

 


3 unit

-

1 unit

 

1 unit

 


6.


Standar Pengelolaan


Standar  Pengelolaan


 


A


Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:


 


 


- Dokumen RKS dan  RKAS  90%

- Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 95%

- Dokumen kode etik sekolah: belum ada

 

- Dokumen penugasan guru: 95%

- Dokumen administrasi sekolah lainnya:
90%

 


- Dokumen RKS dan RKAS: 100%

- Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan:
100%

- Dokumen kode etik sekolah: ada

 

 

- Dokumen penugasan guru: 100%

 

- Dokumen administrasi sekolah lainnya:
100%


10%

 

5%

 

Penyusunan kode etik sekolah

5%

 

10%


B


Struktur organisasi dan mekanisme kerja:


 


 


- Struktur organisasi: 100% lengkap

- Dokumen pembagian
tugas/kewenangan/tupoksi:
95%

- Dokumen mekanisme fungsi/tugas
organisasi:
80%

 


- Struktur organisasi: 100% lengkap

- Dokumen pembagian
tugas/kewenangan/tupoksi: 100%

- Dokumen mekanisme fungsi/tugas
organisasi:
100%


-

 

5 %

 

 

20%

 


C


Supervisi, monitoring, evaluasi, dan
akreditasi sekolah:


 


 


 

- Ada instrumen supervisi 80%

- Ada instrumen monitoring 80%

- Ada instrumen evaluasi 80%

- Ada instrumen akreditasi 90%

- Ada pelaporan supervisi 80%

- Ada pelaporan monitoring80%

- Ada pelaporan evaluasi 80%

- Ada pelaporan akreditasi internal 75%

- Pendokumentasian:90%

- Tindak lanjut: 80%

 


 

- Ada instrumen supervisi: 100%

- Ada instrumen monitoring: 100%

 

- Ada instrumen evaluasi: 100%

- Ada instrumen akreditasi: 100%

- Ada pelaporan supervisi: 100%

- Ada pelaporan monitoring: 100%

- Ada pelaporan evaluasi: 100%

- Ada pelaporan akreditasi internal: 90%

- Pendokumentasian:100%

- Tindak lanjut: 100%


 

20%

20%

 

20%

10%

20%

20%

20%

15%

 

10%

20%


D


Kemitraan dan peranserta masyarakat:


 


 


- Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 95%

- Dokumen program kerja komite sekolah: 90%

- Kepengurusan komite sekolah: 100%
lengkap

 

 


- Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 100%

- Dokumen program kerja komite sekolah:
100%

- Kepengurusan komite sekolah: 100%
lengkap

 


5%

 

10%

 

-

 

 


7.


Standar Keuangan dan Pembiayaan


 


A


Sumber dana: 3 buah


Sumber dana: minimal 4 
buah


1
sumber


B


Pengalokasian dana: 8 SNP


Pengalokasian dana: minimal 8 SNP


-


C


Penggunaan dana: 90% benar


Penggunaan dana: 100% benar


10%


D


Pelaporan penggunaan dana: 100%


Pelaporan penggunaan dana: 100%


-


E


Dokumen pendukung pelaporan: 90%

 

 


Dokumen pendukung pelaporan: 100%


10%


8.


Standar 
Penilaian
Pendidikan:


 


A


Perangkat penilaian semua mapel pada semua
jenjang kelas: 85%


Perangkat penilaian semua mapel pada semua
jenjang kelas: 95%


10%


B


Pelaksanaan penilaian semua mapel pada semua
jenjang kelas: 95%


Pelaksanaan penilaian semua mapel pada semua
jenjang kelas: 100%


5%


C


Pengembangan bank soal semua mapel pada semua
jenjang kelas: 75%


Pengembangan bank soal semua mapel pada semua
jenjang kelas: 100%


25%


D


Pelaksanaan uji coba UN 4 x


Pelaksanaan uji coba UN 6 x


2 x uji coba
UN

 


 


 


 


E.    
TUJUAN
SITUASIONAL/SASARAN


Tujuan situasional
pada tahun 2010/2011  adalah:


1.      Sekolah mengembangkan peningkatan
prestasi akademik


2.      Sekolah mengembangkan kejuaraan
akademik


3.      Sekolah mengembangkan penikatan
prestasi non akademik


4.      Sekolah mengembangkan
karakter/akhlak mulia


5.      Sekolah mengembangkan model PSB


6.      Sekolah mengembangkan Buku 1 KTSP


7.      Mengembangkan silabus dan RPP kelas
7,8 dan 9 semua mata pelajaran.


8.      Mengembangkan peningkatan
pelaksanaan pembelajaran


9.      Mengembangkan instrumen penilaian


10.  Mengembangkan peningkatan layanan
perpustakaan


11.  Mengembangkan peningkatan kompetensi
guru


12.  Mengembangkan peningkatan kompetensi
tenaga kependidikan


13.  Melaksanakan perawatan sarana
prasarana


14.  Mengembangkan pemenuhan sarana
prasarana


15.  Mengembangkan pemenuhan dokumen
RKS/RKAS


16.  Mengembangkan peningkatan
efektifitas pembelajaran


17.  Mengembangkan Sistem Informasi
Manajemen Sekolah


18.  Mengembangkan sumber dana pendidikan


19.  Mengembangkan peningkatan
pelaksanaan penilaian


20.  Mengembangkan budaya tertib/bersih


21.  Mengembangkan taman
sekolah.


 


F.        
IDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SETIAP
SASARAN


Sasaran
ke-1:
Peningkatan prestasi bidang akademik


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a) Kegiatan pembelajaran


b) Ketenagaan


c) Siswa


d) Sarana
prasarana


 


Sasaran ke-2:  Pengembangan
kejuaraan akademik


Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Kegiatan pembinaan


b)      Ketenagaan                            


c)      Kesiswaan


d)      Sarana prasarana


Sasaran
ke-3:
 Peningkatan prestasi non akademik


Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Kegiatan pembinaan


b)      Ketenagaan                            


c) Kesiswaan


d) Sarana prasarana


Sasaran
ke-4:
 Pengembangan karakter/
akhlak mulia


Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Kegiatan pembinaan


b)      Ketenagaan                            


c) Kesiswaan


d) Sarana prasarana


Sasaran ke-5:  Pengembangan
model PSB


Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Ketenagaan                            


b) Sarana prasarana


Sasaran
ke-6:
Pengembangan Buku-1
KTSP (Dokumen-1 KTSP)


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Dokumen pendukung


b)      Ketenagaan


c) Sarana prasarana


 


Sasaran
ke-7: Pengembangan silabus dan RPP


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Dokumen pendukung


b)      Ketenagaan


c) Sarana prasarana


 


Sasaran ke-8: Peningkatan pelaksanaan pembelajaran


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Guru


b)      Sarana prasarana


 


Sasaran
ke-9:
Peningkatan pelaksanaan
penilaian pembelajaran


Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Guru


b)      Sarana prasarana


Sasaran ke-10: Peningkatan layanan perpustakaan


Komponen
yang  diperlukan untuk melaksanakan
sasaran tersebut :


a)      Ketenagaan


b)      Sarana prasarana                    


Sasaran ke-11: Peningkatan kompetensi guru


Komponen
yang  diperlukan untuk melaksanakan
sasaran tersebut :


a)      KemampuanGuru


b)      Fasilitas                                  


Sasaran ke-12: Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
lainnya


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      SDM


b)      Fasilitas


Sasaran ke-13: Perawatan sarana-prasarana


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Ketenagaan


b)      Sarana prasarana


Sasaran ke-14: Pemenuhan sarana-prasarana


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Sarana pembelajaran


b)      Prasarana pembelajaran


 


 


 


Sasaran
ke-15:
Pemenuhan dokumen RKS/ RKAS


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Ketenagaan


b)      Sarana prasarana


Sasaran ke-16: Peningkatan efektifitas
pembelajaran


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Guru


b)     
Sarana
prasarana


Sasaran ke-17: Pengembangan SIM
sekolah


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Ketenagaan


b)      Sarana prasana


Sasaran ke-18: Pengembangan sumber dana pendidikan


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Pemerintah


b)      Masyarakat lingkungan sekolah


Sasaran ke-19: Peningkatan
pelaksanaan penilaian


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Guru


b)      Perangkat penilaian


Sasaran ke-20: Pengembangan budaya tertib/bersih


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Guru/karyawan


b)      Siswa


Sasaran ke-21: Pengembangan
taman sekolah


Komponen
yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut :


a)      Guru/karyawan


b)      Siswa


 


 


 


 


 


G.   
ANALISIS
SWOT


Sasaran  1
:  Peningkatan prestasi bidang akademik



Fungsi dan
Faktor


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


A. Kegiatan Pembelajaran


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


    a. Jadwal Kegiatan


a.Ada


a. Ada


V


 


    b. Pelaksanaan Evaluasi


b.Ada


b. Ada


V


 


2.
Faktor eksternal


 


 


 


 


              a.
Kualitas pembelajaran


a. Baik


a. Kurang


 


V


        
b. Pertemuan guru sejenis


b. Ada /rutin


b. Tidak ada


 


V


     B. Ketenagaan


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Jumlah guru mata pelajaran


a. Cukup


a. Cukup


V


 


    b. Kualifikasi guru


b. Min S 1


b. 96 %


V


 


    c.
Kesesuaian ijazah


c. 100 %


c. 100 %


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman mengajar.


a. Rata-rata 9 th


a. rata-rat 12th


V


 


    b.
Kesiapan mengajar


b. mampu 100%


b. 95 %


V


 


    c.
Aktivitas MGMP sekolah


c. Ada/Aktif


c. Tidak Aktif


 


V


C Kesiswaan


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a. Motivas belajar


a. Tinggi


a.Cukup tinggi


V


 


    b. Kelompok belajar


b. Aktif


b.Kurang


 


V


2. Faktor ekstern


 


 


 


 


    a. Bimbingan orang tua


a. Kondusif


a. Kondusif


V


 


    b. Lingkungan sosial siswa


b. Baik


b. Baik


V


 


     D. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a. Alat-alat
belajar/buku pel.


a. Lengkap


a. Kurang


 


V


    b. Ruang belajar


b. Lengkap


b. Lengkap


V


 


    c. Jadwal pembinaan /bimb.


c. Ada


c. Tidak ada


 


V


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    a. Dukungan
dana  orang tua


a. Mendukung


a. Mendukung


V


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-2: Pengembangan kejuaraan akademik



Fungsi dan
Faktor


Kriteria


Kondisi


Tingkat
Kesiapan


Kesiapan


Nyata


Siap


Tidak


A. Kegiatan Pembinaan


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


    a. Jadwal Kegiatan


a.Ada


a. Ada


V


 


        
b. Pelaksanaan  pembinaan


b.Rutin


b. Tidak rutin


 


V


    c. Intensitas pembinaan


c. 2x perminggu


c.  Tidak rutin


 


V


2.
Faktor eksternal


 


 


 


 


            
a. Motivasi bidang akademis


a.Tinggi


a. Tinggi


V


 


b.
Kesempatan berlomba


b. Cukup


b. Cukup


V


 


     B. Ketenagaan


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Jumlah guru /pembina


a. Cukup


a. Cukup


V


 


    b. Kualifikasi
guru/pembina


b. S1


b. S1


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


         a.
Pengalaman membina.


a. Min 8 th


a. Min 12 th


V


 


    b.
Kesiapan melatih


b. mampu 100%


b. 100 %


V


 


C Kesiswaan


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a.Motivas
belajar  bid akademis


a. Tinggi


a.Tinggi


V


 


    b.Keaktifan dlm kegiatan


b. Tinggi


b.Baik


V


 


2. Faktor ekstern


 


 


 


 


    a. Bimbingan orang tua


a. Kondusif


a. Kondusif


V


 


    b. Lingkungan sosial siswa


b. Baik


b. Baik


V


 


     D. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a. Bank soal


a. Lengkap


a. Kurang


 


V


    b. Ruang belajar


b. Ada


b. Ada


V


 


    c. Jadwal pembinaan /bimb.


c. Ada


c. Ada


V


 


2. Faktor ekstern


 


 


 


 


    a. Dukungan orang tua


a. Mendukung


a. Mendukung


V


 


    b. Alokasi dana


b. Ada


b. Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-3: Peningkatan prestasi non akademik



Fungsi dan
Faktor


Kriteria


Kondisi


Tingkat
Kesiapan


Kesiapan


Nyata


Siap


Tidak


A. Kegiatan Pembinaan


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


    a. Jadwal Kegiatan


a.Ada


a. Ada


V


 


         b.
Pelaksanaan  pembinaan


b.Rutin


b. Tidak rutin


 


V


    c. Intensitas pembinaan


c. 2x perminggu


c.  Tidak rutin


 


V


2.
Faktor eksternal


 


 


 


 


             a. Budaya
ber olahraga


a.Tinggi


a. Tinggi


V


 


b. Kesempatan latih tanding

 


b. Cukup


b. Cukup


V


 


     B. Ketenagaan


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Jumlah pembina


a. 3 orang


a. 2 orang


 


V


    b.
Kesesuaian ijazah


c. 100 %


c. 100 %


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman melatih


a. Min 8 th


a. Min 10 th


V


 


    b.
Kesiapan malatih


b. mampu 100%


b. 100 %


V


 


C Kesiswaan


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


    a. Motivas siswa
dlm latihan


a. Tinggi


a.Tinggi


V


 


    b. Input kemampuan dasar
OR


b. Tinggi


b.Tinggi


V


 


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    a. Dukungan dari
orang tua


a. Kondusif


a. Kondusif


V


 


    b. Kesempatan berprestasi


b. Ada, Baik


b. Ada, Baik


V


 


     D. Sarana dan Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a. Lapangan Olah raga


a. Ada,baik


a. Ada, rusak


 


V


    b. Peralatan latihan


b. Lengkap


b. Kurang


 


V


    c. Peralatan seni


c. Lengkap


c. Kurang


 


V


2. Faktor ekstern


 


 


 


 


    a. Dukungan
dana  orang tua


a. Mendukung


a. Mendukung


V


 


    b. Mengikuti turnamen/lomba


b.Min  3 kali


b. 1 kali


 


V


 


Sasaran ke-4:Pengembangan karakter dan akhlak
mulia



Fungsi dan
Faktor


Kriteria


Kondisi


Tingkat
Kesiapan


Kesiapan


Nyata


Siap


Tidak


A. Kegiatan Pembinaan


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


    a. Jadwal Kegiatan


a.Ada


a. Ada


V


 


        
b. Pelaksanaan  pembinaan


b.Rutin


b. Tidak rutin


 


V


    c. Intensitas pembinaan


c. 2x perminggu


c.  Tidak rutin


 


V


2.
Faktor eksternal


 


 


 


 


            
a. Kegiatan keagamaan  di


a.Tinggi


a. Tinggi


V


 


    masyarakat


 


 


 


 


     B. Ketenagaan


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


         a. Jumlah
guru /pembina


a. Cukup


a. kurang


 


V


    b. Kualifikasi
guru/pembina


b. S1


b. S1


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman membina.


a. Min 8 th


a. Min 12 th


V


 


    b.
Kesiapan melatih


b. mampu 100%


b. 100 %


V


 


C Kesiswaan


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a.Motivasi


a. Tinggi


a.Tinggi


V


 


    b.Keaktifan dlm kegiatan


b. Tinggi


b.Baik


V


 


2. Faktor ekstern


 


 


 


 


    a. Bimbingan orang tua


a. Kondusif


a. Kondusif


V


 


    b. Lingkungan sosial siswa


b. Baik


b. Baik


V


 


     D. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    a. Tenda berkemah


a. Lengkap


a. Kurang


 


V


    b. Ruang belajar


b. Ada


b. Ada


V


 


    c. Jadwal pembinaan /bimb.


c. Ada


c. Ada


V


 


2. Faktor ekstern


 


 


 


 


    a. Dukungan orang tua


a. Mendukung


a. Mendukung


V


 


    b. Alokasi dana


b. Ada


b. Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-5:Pengembangan model PSB



Fungsi dan
Faktor


Kriteria


Kondisi


Tingkat
Kesiapan


Kesiapan


Nyata


Siap


Tidak


     A. Ketenagaan


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Jumlah guru /pembina


a. Cukup


a. Cukup


V


 


    b. Kualifikasi
guru/pembina


b. S1


b. S1


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman membina.


a. Min 8 th


a. Min 12 th


V


 


    b.
Kesiapan melatih


b. mampu 100%


b. 100 %


V


 


B. Sarana prasarana


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


    a. Perangkat komputer


a.Ada


a. Ada


V


 


        
b. Pelaksanaan  sosialisasi


b.Rutin


b. Tidak rutin


 


V


    c. Sarana sosialisasi


c. 2 macam


c.  1 macam


 


V


2.
Faktor eksternal


 


 


 


 


            
a. Akses internet


a.Ada


a. Ada


V


 


   


 


 


 


 


 


 


Sasaran ke-6:
Pengembangan Buku 1 KTSP



Unsur
(Fungsi dan Faktor)


Kriteria

Kesiapan


Kondisi

Nyata


Tingkat
Kesiapan


Siap


Tidak


A. Dokumen Pendukung


 


 


 


 


1. Faktor internal


 


 


 


 


a)   Dokumen KTSP

b)   Program  pengembangan


Ada ,Standar

Ada, lengkap


 Ada,
Standar

Tidak ada


V

 


 

V


2.  Faktor eksternal


 


 


 


 


-       Referensi


Ada


Ada


V


 


     B. Ketenagaan


 


 


 


 


1.
Faktor internal


 


 


 


 


        
a. Jumlah guru mata pelajaran


a. Cukup (1:30)


a. Cukup  1:20


V


 


    b. Kualifikasi guru


b. Min S 1


b. 94 %


V


 


    c.
Kesesuaian ijazah


c. 100 %


c. 90 %


V


 


         
2. Faktor eksternal


 


 


 


 


        
a. Pengalaman menyusun.


a. Rata-rata 8 th


a. rata-rat 1 th


 


V


    b.
Nara sumber


b. Ada


b. Tidk ada


 


V


     C. Sarana dan
Prasarana


 


 


 


 


1. Faktor intern


 


 


 


 


    - Laptop


a. 12 buah


a.1 buah


 


V


2. Faktor eksternal


 


 


 


 


    - Dukungan dana 


a.Ada


a. Ada


V


 


 


 


 


 


 


 


 

RKS
RAKS
RAKS 2
RAKS 3




0 komentar:

Post a Comment