RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Diposkan oleh SMPN 1 KEBONSARI di 7:29 PM
RKS
RAKS
RAKS 2
RAKS 3
RENCANA KERJA
SEKOLAH (RKS)
SEKOLAH (RKS)
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
A. ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS
Era global menuntut daya saing yang tinggi. Nomor 22 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 tentang: Kewenangan Pusat dan Daerah yang diperbaharui dalam Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 mendorong perubahan besar pada sistem pengelolaan pendidikan Indonesia. Daerah yang memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) besar lebih berpeluang mengembangkan pendidikan di daerahnya. Sekolah yang berada di wilayah yang PAD-nya tidak begitu besar akan mengalami hambatan dari segi pendanaanya.
B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tetntang Sistem Pendidikan Nasional mendorong perubahan besar pada system pengelolaan pendidikan Indonesia. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa Standar Nasional Pendidikan dijadikan landasan (pedoman) pengembangan satuan pendidikan. Standar Nasional Pendidikan tersebut dimaksudkan sebagai acuan pengembangan pendidikan. Manajemen sekolah mengacu pada pola manajemen berbasis sekolah (MBS) memberi keleluasaan sekolah untuk mengembangkan segala sumber daya yang dimilikinya.
C.ANALISIS PENDIDIKAN MASA DATANG.
Sekolah sebagai lembaga formal dituntut mampu menyiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan bangsa lain. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa Standar Nasional Pendidikan dijadikan landasan (pedoman) pengembangan satuan pendidikan. Standar Nasional Pendidikan tersebut dimaksudkan sebagai acuan pengembangan pendidikan. Setiap sekolah dituntut untuk mewujudkan sekolah yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Bahkan sebagian masyarakat sudah menginginkan Sekolah Berstandar Internasional. Hal ini mendorong pihak sekolah dan unsur pendukung lainnya untuk meningkatkan kinerja dan fasilitas yang dimilikinya dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat.
Di bidang lingkungan hidup, perubahan iklim yang terjadi harus juga segera disikapi oleh lembaga pendidikan. Sekolah sebagai komunitas kaum intelektual sudah seharusnya menjadi pelopor dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup. Sekolah tidak hanya memasukkan pendidikan lingkungan hidup dalam kurikulumnya, tapi juga membuat program yang nyata dalam usaha pelestarian lingkungan.
D.IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA ANTARA KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI TERHADAP
KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG
KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG
No | Kondisi pendidikan saat ini | Kondisi pendidikan masa datang | Besarnya tantangan nyata |
1 | Standar Kompetensi Lulusan | ||
A | Bidang akademik: | ||
-Rata2 pencapaian KKM semua mapel masih sekitar 6,50 -Rata2 pencapaian NUN 6,86 -Memperoleh juara ke-3 tk kab/kota bidang IPA | -Rata2 pencapaian KKM semua mapel minimal 7,60 -Rata2 pencapaian NUN 7,46 - Memperoleh juara ke-1 tk kab/kota bidang IPA | 1,10 0,60 2 tingkat | |
B | Bidang non akademik: | ||
- Perolehan jumlah kejuaraan: 2 jenis/bidang pada tk kabupaten | - Perolehan jumlah kejuaraan: 5 jenis/bidang pada tk kabupaten | 3 jenis | |
C | Kelulusan: | ||
- Jumlah kelulusan 93% | - Jumlah kelulusan 100% | 7% | |
2 | Standar Isi | Standar Isi | |
A | Buku KTSP (Buku/Dokumen-1): | ||
Tersusun Buku KTSP | Tersusun Buku KTSP yang sudah memuat Pendidikan budaya dan Karakter Bangsa | Mengintegrasikan Pend. Budaya dan Karakter Bangsa pd KTSP | |
B | Silabus: | Silabus: | |
- Tersusun silabus 12 mapel kelas 7 , 8 dan 9 | - Tersusun silabus 12 mapel kelas 7,8 dan 9 yang sudah direvisi sesuai kondisi sekolah dan sudah terintegrasi Pendidikan budaya dan karakter bangsa | Menyesuaikan Silabus dg kondisi sekolah dan sudah terintegrasi pendidikan budaya dan karakter bangsa | |
C | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP): | ||
- Tersusun RPP 8 mapel kelas 7,8 dan 9 | - Tersusun RPP semua mapel kelas 7,8 dan 9 yang sudah dan sudah terintegrasi Pendidikan Budaya dan karakter bangsa | - RPP 4 mapel terintegrasi Pendidikan Budaya dan karakter bangsa | |
3. | Standar Proses | ||
A | Persiapan pembelajaran: | Persiapan pembelajaran: | |
- Kepemilikan silabus oleh guru: 80% memiliki -Kepemilikan RPP oleh guru: 70% memiliki -Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 80% | - Kepemilikan silabus oleh guru: 100% memiliki -Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki -Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100% | 20% 30% 20% | |
B | Persyaratan Pembelajaran | ||
- Jumlah siswa per rombel: 32 anak - Beban mengajar guru: 24 jam/minggu -Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel 3:1 - Pengelolaan kelas: 80% | -Jumlah siswa per rombel: 32 anak -Beban mengajar guru= 24 jam/minggu -Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 1:1 - Pengelolaan kelas: 100% | - - 2 20 % | |
C | Pelaksanaan pembelajaran: | Pelaksanaan pembelajaran: | |
-Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 80% - Penerapan CTL: 60% - Penerapan pembelajaran tuntas: 85% - Penerapan PAKEM: 70% -Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 80% | -Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 100% -Penerapan CTL: 100% - Penerapan pembelajaran tuntas: 100% - Penerapan PAKEM: 85 -Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100% | 20% 40%> 15% 20% | |
D | Pelaksanaan penilaian pembelajaran: | Pelaksanaan penilaian pembelajaran: | |
- Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 70% -Variasi jenis penilaian: 2 jenis - Pengolahan/analisis hasil penilaian: 80 % - Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 90% | - Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100% -Variasi jenis penilaian: 3 jenis -Pengolahan/analisis hasil penilaian: 100% - Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 100% | 30% 1 jenis 20% 10% | |
E | Pengawasan proses pembelajaran: | ||
- Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 60% - Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 7 -Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 80% - Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 70% - Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 75% | - Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 100% -Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100% - Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 100% - Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100% - Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100% | 40% 30% 20% 30% 25% | |
4 | Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan: | ||
A | Kepala sekolah: | ||
-Pelatihan TIK : belum pernah - Pelatihan manajerial sekolah (MBS) : 1 kali - Belum pernah Pelatihan kewirausahaan -Belum pelatihan administrasi sekolah -Pelatihan KTSP 1 kali | -pelatihan TIK min. 1 kali -pelatihan manajerial sekolah (MBS) min.3 kali -pelatihan kewirausahaan min. 2 kali -pelatihan administrasi sekolah min 1 kali -pelatihan KTSP 2 kali | - 1 kali - 2 kali - 2 kali - 1 kali - 1 kali | |
B | Guru: (bersifat rata-rata) | Guru: (bersifat rata-rata) | |
- Pelatihan pembelajaran tuntas: 80% -Pelatihan penilaian/evaluasi pembelajaran: 80% - Pelatihan TIK: 60 -Pelatihan KTSP: 80% - Pelatihan penelitian pendidikan: 70%p> -Pengabdian masyarakat: 80% - Pelatihan PAKEM: 80% - Jumlah guru yang memenuhi kualifikasi S1: 94%> | - Pelatihan pembelajaran tuntas: 100% -Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 100% - Pelatihan TIK: 100% -Pelatihan KTSP: 100% -Pelatihan penelitian pendidikan: 90% -Pengabdian masyarakat: 100% - Pelatihan PAKEM: 100% -Jumlah guru S1: 100% | 20% 20% 40% 20% 20 % 20% 20% 6% | |
C | Tenaga TU, Laboran, Pustakawan,:(bersifat rata-rata) | ||
-Pelatihan TIK: 40% - Pelatihan bidangnya: 70% -Jumlah laboran IPA: 1 orang - Jumlah Pustakawan 1orang | - Pelatihan TIK: 80% - Pelatihan bidangnya: 100% - Jumlah laboran IPA: 2 orang - Jumlah Pustakawan 2 orang | 40% 30% 1 orang 1 orang | |
5 | Standar Sarana dan Prasarana | ||
A | Sarana dan Prasarana Minimal | ||
- Lantai ruang guru : tegel - Lantai ruang perpustakaan: tegel - Ruang Lab. IPA: 2 buah, 1 ruang belum ada meubeler - Ruang Lab Bahasa : 1 Buah belum ada sarana -Lapangan olahraga kurang memadai - Taman sekolah belum tertata dengan baik | -Lantai ruang guru : keramik - Lantai ruang perpustakaan: keramik - Ruang Lab. IPA: 2 buah lengkap dengan meubeler -Ruang Lab Bahasa : 1 Buah lengakap sarana -Lapangan olahraga memadai - | Keramik lantai Keramik lantai Mebeler r. lab. IPA Sarana r. Lab Bahasa Perbaikan lap. olahraga Menata taman sekolah | |
B | Sarana dan Prasarana Lainnya | ||
-Sarana olahraga dan seni kurang lengkap - Tidak ada ruang media | -Sarana olahraga dan seni lengkap -Memiliki 1 ruang media | -melengkapi sarana olahraga dan seni 1 ruang media | |
C | Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian | ||
- Komputer Guru:ada 2 unit -Komputer TU: 2 unit -Komputer perpustakaan: tidak ada -Komputer Lab IPA: 1 unit -Jaringan internet:ada | -Komputer Guru: 5 unit - Komputer TU: 2 unit - Komputer perpustakaan: 1 unit -Komputer Lab IPA: 2 unit -Jaringan internet: ada | 3 unit - 1 unit 1 unit | |
6. | Standar Pengelolaan | StandarPengelolaan | |
A | Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan: | ||
-Dokumen RKS dan RKAS 90% -Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 80% - Dokumen kode etik sekolah: belum ada -Dokumen penugasan guru: 95% - Dokumen administrasi sekolah Lainnya 70% | -Dokumen RKS dan RKAS: 100% -Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 100% -Dokumen kode etik sekolah: ada -Dokumen penugasan guru: 100% -Dokumen administrasi sekolah lainnya: 100% | 10% 20% Penyusunan kode etik sekolah 5% 30% | |
B | Struktur organisasi dan mekanisme kerja: | ||
-Struktur organisasi: 100% lengkap -Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 90% - Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 80% | - Struktur organisasi: 100% lengkap -Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100% -Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 100% | 10 % 20% | |
C | Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah: | ||
- Ada instrumen supervisi 80% -Ada instrumen monitoring 80% -Ada instrumen evaluasi 80% -Ada instrumen akreditasi 90% -Ada pelaporan supervisi 80% -Ada pelaporan monitoring80% -Ada pelaporan evaluasi 80% -Ada pelaporan akreditasi internal 75% -Pendokumentasian:90% - Tindak lanjut: 80% | -Ada instrumen supervisi: 100% -Ada instrumen monitoring: 100% -Ada instrumen evaluasi: 100% -Ada instrumen akreditasi: 100% -Ada pelaporan supervisi: 100% -Ada pelaporan monitoring: 100% -Ada pelaporan evaluasi: 100% -Ada pelaporan akreditasi internal: 90% -Pendokumentasian:100% -Tindak lanjut: 100% | 20% 20% 20% 10% 20% 20% 20% 15% 10% 20% | |
D | Kemitraan dan peranserta masyarakat: | ||
-Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 95% -Dokumen program kerja komite sekolah: 90% -Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap -Dokumen laporan keuangan komite sekolah mencapai 60% | -Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 100% -Dokumen program kerja komite sekolah: 100% -Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap dan ber SK/span> -Dokumen evaluasi keuangan komite sekolah mencapai 100% | 5% 10% 40 % | |
7. | Standar Keuangan dan Pembiayaan | ||
A | Sumber dana: 3 buah | Sumber dana: minimal 4 buah | 1 sumber |
B | Pengalokasian dana: 8 SNP | Pengalokasian dana: minimal 8 SNP | - |
C | Penggunaan dana: 80% benar | Penggunaan dana: 100% benar | 20% |
D | Pelaporan penggunaan dana: 100% | Pelaporan penggunaan dana: 100% | - |
E | Dokumen pendukung pelaporan: 90% | Dokumen pendukung pelaporan: 100% | 10% |
8. | Standar Penilaian Pendidikan: | ||
A | Perangkat penilaian semua mapel pada semua jenjang kelas: 85% | Perangkat penilaian semua mapel pada semua jenjang kelas: 95% | 10% |
B | Pelaksanaan penilaian semua mapel pada semua jenjang kelas: 95% | Pelaksanaan penilaian semua mapel pada semua jenjang kelas: 100% | 5% |
C | Pengembangan bank soal semua mapel pada semua jenjang kelas: 75% | Pengembangan bank soal semua mapel pada semua jenjang kelas: 100% | 25% |
d | Pelaksanaan uji coba UN 4 x | Pelaksanaan uji coba UN 6 x | 2 x uji coba UN |
E | Variasi instrumen penilaianulangan yang dikembangkan guru mencapai 65 % | Variasi instrument penilaian ulangan yang dikembangkan guru mencapai 95 % | 30 % |
F | Mekanismen dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru mencapai 75 % | Mekanismen dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru mencapai 100 % | 25 % |
9 | Pengembangan budaya dan lingkungan sekolah | Pengembangan budaya dan lingkungan sekolah | |
A | Pengembangan budaya bersih | ||
- lantai kelas disapu 1 (satu) kali dalam sehari - alat kebersihan kelas 2 jenis | - lantai kelas disapu 2 (dua) kali dalam sehari - alat kebersihan kelas 4 jenis | - 1 kali - 2 jenis | |
B | Pengembangan lomba kebersihan kelas | Pengembangan lomba kebersihan kelas | |
- lomba kebersihan kelas 1 (satu) kali dalam setahun | - lomba kebersihan kelas 4 (empat) kali dalam setahun | - 3 kali | |
C | Penciptaan lingkungan asri, indah dan rindang | Penciptaan lingkungan asri, indah dan rindang | |
- pengembangan taman sekolah: 40 % - rasio tanaman rindang : luas lahan = 1 : 400 | - pengembangan taman sekolah: 100 % - rasio tanaman rindang : luas lahan = 1 : 200 | 60 % 1 : 200 | |
D | Pemenuhan system sanitasi/ drainasi: 50 % | Pemenuhan system sanitasi/ drainasi: 90 % | 40% |
E. VISI SEKOLAH
Visi SMPN 1 Kebonsari adalah Unggul dalam mutu Berlandaskan Iman dan Taqwa Berpijak Pada Budaya Bangsa Indikator visi:
1. Unggul dalam perolehan UNAS
2. Unggul dalam lomba akademis
3. Unggul dalam lomba olah raga
4. Unggul dalam penguasaan tehnologi ICT
5. Unggul dalam pelaksanaan aktivitas keagamaan
6. Unggul dalam lomba kreativitas seni
7. Unggul dalam disiplin
8. Unggul dalam kepedulian sosial
9. Unggul dalam usaha pelestarian lingkungan
F. MISI SEKOLAH
1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara aktif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
3. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
4. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
5. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan stake holder sekolah
6. Mewujudkan sekolah adiwiyata berwawasan lingkungan
G. TUJUAN SEKOLAH DALAM TAHUN 2010- 2013
1. Sekolah mampu mencapai rata-rata NUN minimal mencapai 7,56.
2. Sekolah memiliki tim olahraga yang mampu bersaing di tingkat propinsi.
3. Sekolah memiliki tim lomba mapel yang mampu bersaing di tingkat propinsi.
4. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator,
dan aspek untuk kelas 7-9 semua matapelajaran
dan aspek untuk kelas 7-9 semua matapelajaran
5. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan RPP untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran
6. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar isi KTSP, meliputi: telah dibuat kurikulum satuan, silabus lengkap, model/sistem penilaian lengkap, RPP lengkap
7. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar proses pembelajaran meliputi: tercapai/telah dibuat/ditetapkan melaksanakan pembelajaran dengan strategi/metode: CTL/ PAKEM, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual, secara lengkap
8. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua
guru berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti PTBK, semua mengajar sesuai bidangnya
guru berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti PTBK, semua mengajar sesuai bidangnya
9. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi: semua sarpras,
fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi SPM
fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi SPM
10. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pengelolaan sekolah meliputi: pencapaian standar
pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi, dll secara lengkap.
pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi, dll secara lengkap.
11. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar penilaian pendidikan yang relevan.
12. Sekolah mampu memenuhi pengembangan budaya mutu sekolah yang memadai
13. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah dengan menerapkan 9K secara lengkap memenuhi adiwiyata
H. PROGRAM STRATEGIS
1. Pemenuhan SKL SMP:
a. Peningkatan prestasi bidang akademik
b. Peningkatan prestasi bidang non akademik
c. Peningkatan prosentase jumlah kelulusan
d. Pengembangan karakter
e. Pengembangan model PSB
f. Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi
2. Pemenuhan Standar Isi:
a. Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
b. Pengembangan silabus
c. Pengembangan RPP
d. Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya
e. Pengembangan Panduan Pembelajaran
f. Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar
3. Pemenuhan Standar Proses:
a. Pemenuhan persiapan pembelajaran
b. Pemenuhan persyaratan pembelajaran
c. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
d. Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
e. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran
4. Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
a. Peningkatan kompetensi kepala sekolah
b.Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)
c. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya
5. Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
a. Pemenuhan srana dan prasarana minimal sesuai SNP
b.Pemenuhan sarana dan prasarana pendukung lainnya
c. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian
6. Pemenuhan Standar Pengelolaan:
a. Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
b.Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
c. Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d.Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
e. Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
f. Pengembangan SIM sekolah
7. Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan:
a. Pengembangan sumber dana pendidikan
b.Pengembangan penggunaan dana
c. Peningkatan pelaporan penggunaan dana
d.Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
e. Pengembangan unit produksi usaha sekolah
8. Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
a. Peningkatan mutu instrumen ulangan harian
b.Peningkatan pelaksanaan UTS
c. Pengembangan materi UAS
d.Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e. Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f. Pengembangan instruman ulangan harian
g. Pengembangan instrumen ulangan kenaikan kelas
h. Pengembangan instrumen UTS
i. Pengembangan instrumen UAS
j. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru
k.Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
l. Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian
9. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
a. Pengembangan budaya tertib dan bersih
b.Pengembangan taman sekolah
c. Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi
I. STATEGI PELAKSANAAN / PENCAPAIAN
a.Dalam rangka Pemenuhan SKL SMP, strategi yang dilakukan adalah mengadakan kerjasama dengan jejaring kurikulum Tingkat Kab/Prop, Komite sekolah dan stakeholder lain, mengadakan bimbingan belajar intensif, dan meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler.
b.Dalam rangka pemenuhan Standar isi, strateginya adalah mengadakan workshop KTSP, mengaktifkan kegiatan MGMP Tingkat sekolah, mengoptimasikan warga sekolah dalam membuat SK,KD, silabus ,RPP dll.
c.Untuk pemenuhan Standar Proses, strateginya adalah mengkoordinasikan semua kegiatan sekolah bersama seluruh warga sekolah, pembuatan program, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan terhadap kegiatan pembelajaran dan kegiatan yang lainnya.
d.Dalam rangka pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan strateginya adalah : mengikutkan tenaga guru baik kepala sekolah guru, maupun tenaga kependidikan lainnya untuk megikuti pendidikan yang lebih tinggi, mengikuti seminar, lokakarya,diklat dan kegiatan lain yang mendukung terhadap peningkatan kompetensi.
e.Untuk pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana, srtategi yang dilaksanakan adalah : pengadaan atau pembelian fasilitas pokok sekolah yang memenuhi standar nasional dalam rangka peningkatan mutu.
f.Dalam rangka pemenuhan Standar Pengelolaan, strateginya adalah : pembuatan program pengembangan manajemen sekolah, melengkapi kebutuhan administrasi manajemen dan fasilitas sekolah dan kerjasama dengan sekolah sejenis dan identi maupun lembaga lain untu didesiminasikan ke sekolah.
g.Untuk pemenuhan Standar Keuangan dan Pembeayaan Pendidikan, strateginya adalah : Pembuatan program kegiatan dalam rangka penggalian sumber dana, penggalian dana lewat komite sekolah, pembuatan proposal kepada berbagai pihak dan instansi terkait.
h.Dalam rangka pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan, strateginya adalah : Mengadakan progran kegiatan untuk memperoleh konsep dan panduan standar nasional sistem penilaian, pendokumentasian konsep dan panduan sistem penilaian serta pembuatan instrumen penilaian.
i.Dalam rangka pengembangan Budaya dan Lingkungan sekolah, strateginya adalah : Pembuatan program sekolah yang terkait dengan budaya tertib, budaya bersih, budaya sehat dan budaya peduli lingkungan.
J. HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan dapat dicapai dalam tahun 2010 - 2013 adalah:
a. Terpenuhinya SKL SMP
b. Terpenuhinya standar isi
c. Terpenuhinya standar proses
d. Terpenuhinya standar tenaga pendidik dan kependidikan
e. Terpenuhinya sarana dan prasarana
f. Tercapainya standar pengelolaan
g. Terpenuhinya keuangan dan pembiayaan yang memadai
h. Terpenuhinya standar penilaian
i. Terealisasinya pengembangan budaya dan lingkungan sekolah
Indikator Keberhasilan Sekolah adalah sebagai berikut:
No | Program | Tahun I | Tahun II | Tahun III | Tahun IV |
A. | PENINGKATAN SKL | ||||
1. Peningkatan prestasi bidang akademik 2. Peningkatan prestasi bidang non akademik 3. Peningkatan jumlah kelulusan | Rata2 pencapaian NUN 7,06 2 Juara Kab 93 % | Rata2 pencapaian NUN 7,26 3 Juara Kab 96% | Rata2 pencapaian NUN 7,41 1 Juara III Prop 98% | Rata2 pencapaian NUN 7,56 1 Juara Prop 100% | |
B. | PENGEMBANGAN STANDAR ISI | ||||
1. Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP) 2. Pengembangan silabus 3. Pengembangan RPP 4. Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya | Tersusun 100% Tersusun 100% 10 mapel 10 mapel | Tersusun 100% Tersusun 100% 12 mapel 12 mapel | Tersusun 100% Tersusun 100% 12 mapel 12 mapel | Tersusun 100% Tersusun 100% 12 mapel 12 mapel | |
C. | PEMENUHAN STANDAR PROSES | ||||
1. Pemenuhan persiapan pembelajaran 2. Pemenuhan persyaratan pembelajaran 3. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran 4. Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran 5. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran | 80% 80% 70% 80% 80% | 90% 90% 90% 90% 85% | 80% 100% 100% 100% 90% | 80% 100% 100% 100% 90% | |
D | PEMENUHAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN | ||||
1. Peningkatan kompetensi kepala sekolah 2. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru) 3. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya | Pelatihan MBS 1 X Pelatihan TIK 80% Pelatihan TIK 70% | Pelatihan MBS 2 X Pelatihan TIK 90% Pelatihan TIK 80% | Pelatihan MBS 3 X Pelatihan TIK 95% Pelatihan TIK 85% | Pelatihan MBS 3 X Pelatihan TIK 100% Pelatihan TIK 95% | |
E | PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA | ||||
1. Pemenuhan sarana dan prasarana minimal sesuai SNP 2. Pemenuhan sarana dan prasarana pendukung lainnya 3. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian | Lantai kelas keramik 2 Lab IPA lengkap Komputer R guru 2 set | Kompuer R guru 6 set | |||
F | PEMENUHAN STANDAR PENGELOLAAN | ||||
1. Dokumen RKS/RKAS 2. Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah 3. Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah 4. Dokumen peranserta masyarakat dan kemitraan 5. Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah) | 100% 80 % 80% 90% - | 100% 90 % 90% 90% Tersedia | 100% 100 % 95% 90% Tersedia | 100% 100 % 100% 90% Tersedia | |
G | PEMENUHAN STANDAR KEUANGAN DAN PEMBIAYAAN | ||||
1. Pengembangan sumber dana pendidikan 2. Pengembangan penggunaan dana 3. Peningkatan pelaporan penggunaan dana 4. Pengembangan unit produksi usaha sekolah | 3 sumber 80% 100% 1 unit | 4 sumber 90% 100% 3 unit | 4 sumber 95% 100% 4 unit | 4 sumber 100% 100% 4 unit | |
H | PEMENUHAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN | ||||
1. Pengembangan perangkat penilaian 2. Peningkatan pelaksanaan penilaian 3. Pengembangan bank soal 4. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah | 85% 95% 75% 75% | 90% 100% 90% 90% | 95% 100% 100% 100% | 95% 100% 100% 100% | |
I | PEMENUHAN PENGEMBANGAN BUDAYA | ||||
1. Pengembangan budaya tertib dan bersih 2. Pengembangan taman sekolah 3. Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi | 75% 60% 60% | 80% 90% 75% | 85% 100% 85% | 90% 100% 90% |
K. SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI
Program supervisi, monitoring dan evaluasi selama 4 (empat) tahun adalah:
- Mewujudkan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan hasil-hasilnya
- Mewujudkan supervisi klinis (membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanjutnya)
- Mewujudkan supervisi klinis CTL, dan lainnya
- Mewujudkan evaluasi kinerja sekolah (internal)-à akhir tahun (memnetukan tim, membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanjutnya)
RAKS
RAKS 2
RAKS 3
Label: 1. RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment