Recent Posts

Posts RSS







































PG" width="320" />















































KEMBANGKAN BAKATMU SMPN 1 KEBONSARI, SEKOLAH FAVORITKU

RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) TAHUN PELAJARAN 2010/2011


RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)


RKS
RAKS
RAKS 2
RAKS 3



RENCANA KERJA
SEKOLAH (RKS)


TAHUN PELAJARAN 2010/2011


A. ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

 Era global menuntut daya saing yang tinggi. Nomor 22 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 tentang:  Kewenangan Pusat dan Daerah yang diperbaharui dalam Undang-undang Nomor 32  tahun 2004 mendorong perubahan besar pada sistem pengelolaan pendidikan  Indonesia. Daerah yang memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) besar lebih  berpeluang mengembangkan pendidikan di daerahnya. Sekolah yang berada di  wilayah yang PAD-nya tidak begitu besar akan mengalami hambatan dari segi  pendanaanya.

B.  ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tetntang Sistem Pendidikan Nasional mendorong perubahan besar pada system pengelolaan pendidikan Indonesia. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa Standar Nasional Pendidikan dijadikan landasan (pedoman) pengembangan satuan pendidikan. Standar Nasional Pendidikan tersebut dimaksudkan sebagai acuan pengembangan pendidikan. Manajemen sekolah mengacu pada pola manajemen berbasis sekolah (MBS) memberi keleluasaan sekolah untuk mengembangkan segala sumber daya yang dimilikinya.

C.ANALISIS PENDIDIKAN MASA DATANG.

Sekolah sebagai lembaga formal dituntut mampu menyiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan bangsa lain. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa Standar Nasional Pendidikan dijadikan landasan (pedoman) pengembangan satuan pendidikan. Standar Nasional Pendidikan tersebut dimaksudkan sebagai acuan pengembangan pendidikan. Setiap sekolah dituntut untuk mewujudkan sekolah yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Bahkan sebagian masyarakat sudah menginginkan Sekolah Berstandar Internasional. Hal ini mendorong pihak sekolah dan unsur pendukung lainnya untuk meningkatkan kinerja dan fasilitas yang dimilikinya dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat.

Di bidang lingkungan hidup, perubahan iklim yang terjadi harus juga segera disikapi oleh lembaga pendidikan. Sekolah sebagai komunitas kaum intelektual sudah seharusnya  menjadi pelopor dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup. Sekolah tidak  hanya memasukkan pendidikan lingkungan hidup dalam kurikulumnya, tapi juga membuat program yang nyata dalam usaha pelestarian lingkungan.

D.IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA ANTARA KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI TERHADAP
KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG


No

Kondisi pendidikan saat
ini


Kondisi pendidikan masa datang

Besarnya tantangan nyata

1

Standar Kompetensi Lulusan



A


Bidang akademik:






-Rata2 pencapaian KKM semua mapel masih
sekitar 6,50

-Rata2 pencapaian NUN 6,86
-Memperoleh
juara ke-3 tk kab/kota bidang IPA



-Rata2 pencapaian KKM semua mapel minimal
7,60
-Rata2 pencapaian NUN 7,46

- Memperoleh
juara ke-1 tk kab/kota bidang IPA

1,10


0,60
2 tingkat


B


Bidang non akademik:







-     Perolehan jumlah kejuaraan: 2
jenis/bidang pada tk kabupaten



-     Perolehan jumlah kejuaraan: 5
jenis/bidang pada tk kabupaten


3 jenis




C


Kelulusan:









-     Jumlah kelulusan  93%




-     Jumlah kelulusan 100%

7%


2

Standar Isi


Standar Isi



A

Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):









Tersusun Buku KTSP



Tersusun Buku KTSP  yang sudah
memuat Pendidikan budaya dan Karakter Bangsa



Mengintegrasikan Pend. Budaya dan Karakter Bangsa pd KTSP


B

Silabus:


Silabus:







-
Tersusun
silabus 12 mapel kelas 7 , 8 dan 9


-

Tersusun
silabus 12 mapel kelas 7,8 dan 9 yang sudah direvisi sesuai kondisi sekolah
dan sudah terintegrasi Pendidikan budaya dan karakter bangsa

Menyesuaikan Silabus dg kondisi sekolah dan
sudah terintegrasi pendidikan budaya dan karakter bangsa  


C

Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP):









-      Tersusun RPP 8 mapel kelas 7,8 dan 9




-     Tersusun RPP semua mapel kelas 7,8 dan 9
yang sudah dan sudah terintegrasi Pendidikan Budaya dan karakter bangsa




-     RPP 4  mapel terintegrasi Pendidikan Budaya
dan karakter bangsa

3.


Standar Proses







A



Persiapan pembelajaran:

Persiapan pembelajaran:





- Kepemilikan silabus oleh guru: 80%
memiliki

-Kepemilikan RPP oleh guru: 70% memiliki
-Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 80%


- Kepemilikan silabus oleh guru: 100%
memiliki
-Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki
-Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:
100%

20%
30%
20%


B

Persyaratan
Pembelajaran





- Jumlah siswa per rombel: 32 anak
- Beban mengajar guru: 24 jam/minggu

-Ratio antara jumlah siswa dengan buku
teks mapel 3:1
- Pengelolaan kelas: 80%

-Jumlah siswa per rombel: 32 anak

-Beban mengajar guru= 24 jam/minggu
-Ratio antara jumlah siswa dengan buku
tekas mapel 1:1
- Pengelolaan kelas: 100%


-
-

2

20 %

C



Pelaksanaan
pembelajaran:

Pelaksanaan
pembelajaran:



-Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran
oleh guru di kelas: 80%

- Penerapan CTL: 60%
- Penerapan pembelajaran tuntas: 85%

- Penerapan PAKEM: 70%
-Cakupan pelaksanaan penutup dalam
pembelajaran: 80%


-Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran
oleh guru di kelas: 100%

-Penerapan CTL: 100%
- Penerapan pembelajaran tuntas: 100%

- Penerapan PAKEM: 85
-Cakupan pelaksanaan penutup dalam
pembelajaran: 100%


20%

40%>
15%

20%



D


Pelaksanaan
penilaian pembelajaran:

Pelaksanaan
penilaian pembelajaran:





- Pengembangan instrumen penilaian hasil
belajar: 70%

-Variasi jenis penilaian: 2 jenis

- Pengolahan/analisis hasil penilaian: 80
%
- Pemanfaatan/tindak lanjut hasil
penilaian:
90%


- Pengembangan instrumen penilaian hasil
belajar: 100%
-Variasi jenis penilaian: 3 jenis


-Pengolahan/analisis hasil penilaian: 100%
- Pemanfaatan/tindak lanjut hasil
penilaian:
100%


30%
1 jenis
20%

10%

E


Pengawasan
proses pembelajaran:



- Cakupan kegiatan pemantauan
pembelajaran: 60%
- Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran:
7

-Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran:
80%
- Dokumen pelaporan hasil evaluasi
pembelajaran: 70%
- Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi
pembelajaran: 75%

- Cakupan kegiatan pemantauan
pembelajaran: 100%
-Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran:
100%
- Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran:
100%

- Dokumen pelaporan hasil evaluasi
pembelajaran: 100%
- Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi
pembelajaran: 100%

40%

30%
20%
30%


25%

4



Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:



A

Kepala sekolah:






-Pelatihan TIK : belum pernah

- Pelatihan manajerial sekolah (MBS) : 1
kali
- Belum pernah Pelatihan kewirausahaan

-Belum pelatihan administrasi sekolah

-Pelatihan KTSP 1 kali

-pelatihan TIK min. 1 kali

-pelatihan manajerial sekolah (MBS) min.3
kali
-pelatihan kewirausahaan min. 2 kali
-pelatihan administrasi sekolah min 1
kali

-pelatihan KTSP 2 kali


-
1 kali

- 2
kali

-
2
kali
-
1
kali

-
1
kali

B


Guru: (bersifat rata-rata)

Guru: (bersifat rata-rata)




- Pelatihan pembelajaran tuntas: 80%
-Pelatihan penilaian/evaluasi pembelajaran: 80%
- Pelatihan TIK: 60

-Pelatihan KTSP: 80%
- Pelatihan penelitian pendidikan: 70%p>
-Pengabdian masyarakat: 80%

- Pelatihan PAKEM: 80%
- Jumlah guru yang memenuhi kualifikasi S1:
9
4%>

- Pelatihan pembelajaran tuntas: 100%
-Pelatihan penilaian dan evaluasi
pembelajaran: 100%
- Pelatihan TIK: 100%

-Pelatihan KTSP: 100%
-Pelatihan penelitian pendidikan: 90%
-Pengabdian masyarakat: 100%

- Pelatihan PAKEM: 100%

-Jumlah guru S1: 100%

20%

20%

40%
20%
20 %

20%

20%
6%

C


Tenaga TU, Laboran,
Pustakawan,:(bersifat rata-rata)




-Pelatihan TIK: 40%

- Pelatihan bidangnya: 70%
-Jumlah laboran IPA: 1 orang
- Jumlah Pustakawan 1orang


- Pelatihan TIK: 80%
- Pelatihan bidangnya: 100%

- Jumlah laboran IPA: 2 orang
- Jumlah Pustakawan 2 orang


40%
30%
1 orang
1 orang

5

Standar Sarana dan Prasarana



A


Sarana dan Prasarana Minimal



-
Lantai ruang guru : tegel

-

Lantai ruang perpustakaan: tegel
- Ruang Lab. IPA: 2 buah, 1 ruang
belum ada meubeler
- Ruang Lab Bahasa : 1 Buah belum
ada sarana

-Lapangan
olahraga kurang memadai
- Taman
sekolah belum tertata dengan baik

-Lantai
ruang guru : keramik

- Lantai
ruang perpustakaan: keramik
- Ruang Lab. IPA: 2 buah lengkap
dengan meubeler
-Ruang Lab Bahasa : 1 Buah

lengakap sarana
-Lapangan
olahraga memadai
- Taman sekolah tertata dengan baik


Keramik lantai
Keramik lantai
Mebeler r.

lab. IPA
Sarana r. Lab Bahasa
Perbaikan lap. olahraga
Menata taman sekolah

B

Sarana dan Prasarana Lainnya




-Sarana
olahraga dan seni kurang lengkap

-
Tidak ada ruang media

-Sarana
olahraga dan seni lengkap

-Memiliki 1 ruang media

-melengkapi sarana olahraga dan seni
1 ruang media



C

Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian





- Komputer Guru:ada 2 unit

-Komputer TU: 2 unit

-Komputer perpustakaan: tidak ada
-Komputer Lab IPA: 1 unit
-Jaringan internet:ada


-Komputer Guru: 5 unit
- Komputer TU: 2 unit

- Komputer perpustakaan: 1 unit
-Komputer Lab IPA: 2 unit
-Jaringan internet: ada


3 unit
-
1 unit

1 unit

6.


Standar Pengelolaan

StandarPengelolaan



A


Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:



-Dokumen RKS dan RKAS 90%

-Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 80%
- Dokumen kode etik sekolah: belum
ada
-Dokumen penugasan guru: 95%

- Dokumen administrasi sekolah
Lainnya 70%


-Dokumen RKS dan RKAS: 100%

-Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan:
100%
-Dokumen kode etik sekolah: ada

-Dokumen penugasan guru: 100%

-Dokumen administrasi sekolah lainnya:
100%

10%

20%

Penyusunan kode etik sekolah
5%
30%


B

Struktur organisasi dan mekanisme kerja:






-Struktur organisasi: 100% lengkap

-Dokumen pembagian
tugas/kewenangan/tupoksi: 90%
- Dokumen mekanisme fungsi/tugas
organisasi:
80%



- Struktur organisasi: 100% lengkap
-Dokumen pembagian
tugas/kewenangan/tupoksi: 100%

-Dokumen mekanisme fungsi/tugas
organisasi:
100%


10 %

20%


C


Supervisi, monitoring, evaluasi, dan
akreditasi sekolah:






- Ada instrumen supervisi 80%

-Ada instrumen monitoring 80%

-Ada instrumen evaluasi 80%
-Ada instrumen akreditasi 90%

-Ada pelaporan supervisi 80%
-Ada pelaporan monitoring80%

-Ada pelaporan evaluasi 80%
-Ada pelaporan akreditasi internal 75%

-Pendokumentasian:90%
- Tindak lanjut: 80%



-Ada instrumen supervisi: 100%
-Ada instrumen monitoring: 100%

-Ada instrumen evaluasi: 100%

-Ada instrumen akreditasi: 100%
-Ada pelaporan supervisi: 100%
-Ada pelaporan monitoring: 100%

-Ada pelaporan evaluasi: 100%

-Ada pelaporan akreditasi internal: 90%
-Pendokumentasian:100%
-Tindak lanjut: 100%


20%
20%

20%

10%
20%
20%
20%

15%

10%
20%

D


Kemitraan dan peranserta masyarakat:



-Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 95%

-Dokumen program kerja komite sekolah: 90%
-Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap

-Dokumen laporan keuangan komite sekolah
mencapai 60%


-Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 100%

-Dokumen program kerja komite sekolah:
100%

-Kepengurusan komite sekolah: 100%
lengkap dan ber SK/span>
-Dokumen evaluasi keuangan komite sekolah
mencapai 100%

5%

10%

40 %

7.


Standar Keuangan dan Pembiayaan




A


Sumber dana: 3 buah


Sumber dana: minimal 4
buah


1

sumber


B

Pengalokasian dana: 8 SNP

Pengalokasian dana: minimal 8 SNP


-

C


Penggunaan dana: 80% benar

Penggunaan dana: 100% benar


20%

D


Pelaporan penggunaan dana: 100%

Pelaporan penggunaan dana: 100%

-


E


Dokumen pendukung pelaporan: 90%


Dokumen pendukung pelaporan: 100%


10%

8.

Standar
Penilaian
Pendidikan:




A


Perangkat
penilaian semua mapel pada semua jenjang kelas: 85%


Perangkat
penilaian semua mapel pada semua jenjang kelas: 95%

10%

B


Pelaksanaan
penilaian semua mapel pada semua jenjang kelas: 95%


Pelaksanaan
penilaian semua mapel pada semua jenjang kelas: 100%

5%


C


Pengembangan
bank soal semua mapel pada semua jenjang kelas: 75%

Pengembangan
bank soal semua mapel pada semua jenjang kelas: 100%


25%

d


Pelaksanaan
uji coba UN 4 x

Pelaksanaan
uji coba UN 6 x


2 x uji coba
UN

E


Variasi
instrumen penilaianulangan yang
dikembangkan guru mencapai 65 %

Variasi
instrument penilaian ulangan yang dikembangkan guru mencapai 95 %


30 %


F

Mekanismen dan
prosedur penilaian pendidikan oleh guru mencapai 75 %


Mekanismen dan
prosedur penilaian pendidikan oleh guru mencapai 100 %


25 %

9

Pengembangan budaya dan lingkungan
sekolah


Pengembangan budaya dan lingkungan
sekolah




A


Pengembangan budaya bersih





-
lantai kelas disapu 1 (satu) kali dalam sehari

-
alat kebersihan kelas 2 jenis

-

lantai kelas disapu 2 (dua) kali dalam sehari

-
alat kebersihan kelas 4 jenis

-
1 kali

-
2 jenis

B


Pengembangan lomba kebersihan kelas

Pengembangan lomba kebersihan kelas




-
lomba kebersihan kelas 1 (satu) kali dalam
setahun

-
lomba kebersihan kelas 4 (empat) kali dalam
setahun


- 3 kali

C


Penciptaan lingkungan asri, indah dan
rindang

Penciptaan lingkungan asri, indah dan
rindang




-
pengembangan taman sekolah: 40 %
-
rasio tanaman rindang : luas lahan = 1 : 400


-
pengembangan taman sekolah: 100 %

-
rasio tanaman rindang : luas lahan = 1
: 200


60 %
1 : 200



D

Pemenuhan system sanitasi/ drainasi: 50 %


Pemenuhan system sanitasi/ drainasi: 90 %


40%


Visi SMPN 1 Kebonsari adalah Unggul dalam mutu Berlandaskan Iman dan Taqwa Berpijak Pada Budaya Bangsa Indikator visi:

1. Unggul dalam perolehan UNAS

2. Unggul dalam lomba akademis

3. Unggul dalam lomba olah raga

4. Unggul dalam penguasaan tehnologi ICT

5. Unggul dalam pelaksanaan aktivitas keagamaan

6.  Unggul dalam lomba kreativitas seni

7.  Unggul dalam disiplin

8.    Unggul dalam kepedulian sosial

9.    Unggul dalam usaha pelestarian lingkungan

F. MISI SEKOLAH

1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara aktif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang  dimiliki

2.   Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah

3.  Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal

4. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak

5. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan  seluruh warga sekolah dan stake holder sekolah

6.   Mewujudkan sekolah adiwiyata berwawasan lingkungan



G.    TUJUAN SEKOLAH DALAM TAHUN 2010- 2013

1.      Sekolah mampu mencapai rata-rata NUN minimal mencapai 7,56.

2.      Sekolah memiliki tim olahraga yang  mampu bersaing di tingkat propinsi.

3.      Sekolah memiliki tim lomba mapel  yang mampu bersaing di tingkat propinsi.

4.      Sekolah mampu  memenuhi/menghasilkan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator,
dan aspek untuk kelas 7-9 semua matapelajaran

5.      Sekolah mampu  memenuhi/menghasilkan RPP untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran

6.      Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan  standar isi KTSP, meliputi: telah dibuat kurikulum satuan, silabus lengkap, model/sistem penilaian lengkap, RPP lengkap

7.      Sekolah mampu  memenuhi/menghasilkan standar proses pembelajaran meliputi: tercapai/telah  dibuat/ditetapkan melaksanakan pembelajaran dengan strategi/metode: CTL/ PAKEM, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual, secara lengkap

8.      Sekolah mampu  memenuhi/menghasilkan standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua
guru berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti PTBK, semua mengajar sesuai  bidangnya

9.      Sekolah mampu  memenuhi/menghasilkan standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi: semua sarpras,
fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi SPM  


10.  Sekolah mampu  memenuhi/menghasilkan standar pengelolaan sekolah meliputi: pencapaian standar
pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi,  dll secara lengkap.

11.  Sekolah mampu  memenuhi/menghasilkan standar penilaian pendidikan yang relevan.

12.  Sekolah mampu memenuhi  pengembangan budaya mutu sekolah yang memadai

13.  Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah dengan menerapkan 9K secara  lengkap memenuhi adiwiyata 



H.       PROGRAM STRATEGIS



1.    Pemenuhan SKL SMP:

a.       Peningkatan prestasi bidang akademik

b.      Peningkatan prestasi bidang non akademik

c.       Peningkatan prosentase jumlah kelulusan

d.      Pengembangan  karakter

e.       Pengembangan  model PSB

f.        Peningkatan  jumlah yang melanjutkan studi



2.  Pemenuhan Standar Isi:

a.    Pengembangan Buku-1 KTSP  (Dokumen-1 KTSP)

b.   Pengembangan silabus
 
c.    Pengembangan RPP

d.   Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya

e.    Pengembangan Panduan Pembelajaran

f.     Pengembangan Panduan Evaluasi  Hasil Belajar



3.   Pemenuhan Standar Proses:

a.       Pemenuhan persiapan pembelajaran

b.      Pemenuhan persyaratan pembelajaran

c.       Peningkatan pelaksanaan pembelajaran

d.      Peningkatan pelaksanaan penilaian  pembelajaran

e.       Peningkatan pengawasan proses pembelajaran


4. Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan  Kependidikan:

a. Peningkatan kompetensi  kepala sekolah

b.Peningkatan kompetensi tenaga pendidik  (guru)

c. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya


5.   Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:

a. Pemenuhan srana dan prasarana minimal  sesuai SNP

b.Pemenuhan sarana dan prasarana pendukung lainnya

c. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan  penilaian


6.  Pemenuhan Standar Pengelolaan:

a. Pemenuhan perangkat dokumen pedoman  pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah

b.Pemenuhan struktur organisasi dan  mekanisme kerja sekolah

c. Peningkatan supervisi, monitoring,  evaluasi, dan akreditasi sekolah

d.Peningkatan peranserta masyarakat dan  kemitraan

e. Pengembangan perangkat administrasi  sekolah (Program Aplikasi Sekolah)

f.  Pengembangan SIM sekolah 


7.  Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan  Pendidikan:

a. Pengembangan sumber dana pendidikan

b.Pengembangan penggunaan dana

c. Peningkatan pelaporan penggunaan dana

d.Peningkatan dokumen pendukung pelaporan  penggunaan dana

e. Pengembangan unit produksi usaha sekolah


8.  Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:

a. Peningkatan mutu instrumen ulangan harian

b.Peningkatan pelaksanaan UTS

c. Pengembangan materi UAS

d.Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas

e. Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas

f.  Pengembangan instruman ulangan harian

g. Pengembangan instrumen ulangan kenaikan  kelas

h. Pengembangan instrumen UTS

i.   Pengembangan instrumen UAS

j.  Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian  guru

k.Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah

l.   Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian


9.  Pengembangan Budaya dan Lingkungan  Sekolah:

a. Pengembangan budaya tertib dan bersih

b.Pengembangan taman sekolah

c. Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi

I.       STATEGI PELAKSANAAN / PENCAPAIAN

a.Dalam  rangka Pemenuhan SKL SMP, strategi yang dilakukan adalah mengadakan kerjasama dengan jejaring kurikulum Tingkat Kab/Prop, Komite sekolah dan stakeholder lain, mengadakan bimbingan belajar intensif, dan meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler.

b.Dalam rangka pemenuhan Standar isi, strateginya adalah mengadakan workshop KTSP, mengaktifkan kegiatan MGMP Tingkat sekolah, mengoptimasikan warga sekolah dalam membuat SK,KD, silabus ,RPP dll.
c.Untuk pemenuhan Standar Proses, strateginya adalah  mengkoordinasikan semua kegiatan sekolah bersama seluruh warga sekolah, pembuatan program, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan  terhadap kegiatan pembelajaran dan kegiatan yang lainnya.

d.Dalam rangka pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan strateginya adalah : mengikutkan tenaga guru baik kepala sekolah  guru, maupun tenaga kependidikan lainnya untuk megikuti pendidikan yang lebih tinggi, mengikuti seminar, lokakarya,diklat dan kegiatan lain yang mendukung terhadap peningkatan kompetensi.

e.Untuk pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana, srtategi yang dilaksanakan adalah : pengadaan  atau pembelian fasilitas pokok sekolah yang memenuhi standar nasional dalam rangka peningkatan mutu.

f.Dalam rangka pemenuhan Standar Pengelolaan,  strateginya adalah : pembuatan program pengembangan manajemen sekolah, melengkapi kebutuhan administrasi manajemen dan fasilitas sekolah dan kerjasama dengan sekolah sejenis dan identi  maupun lembaga lain untu didesiminasikan ke sekolah.

g.Untuk pemenuhan Standar Keuangan dan Pembeayaan   Pendidikan, strateginya adalah : Pembuatan program kegiatan dalam rangka penggalian sumber dana, penggalian dana lewat komite sekolah, pembuatan proposal kepada berbagai pihak dan  instansi terkait.

h.Dalam rangka pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan, strateginya adalah : Mengadakan progran kegiatan untuk memperoleh konsep dan panduan standar nasional sistem penilaian, pendokumentasian konsep dan panduan sistem penilaian serta pembuatan instrumen penilaian.

i.Dalam rangka pengembangan Budaya dan Lingkungan sekolah, strateginya adalah : Pembuatan program sekolah yang terkait dengan budaya tertib, budaya bersih, budaya sehat dan budaya peduli lingkungan. 

J.      HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dapat dicapai dalam tahun 2010 - 2013 adalah:

a.       Terpenuhinya SKL SMP

b.      Terpenuhinya standar isi

c.       Terpenuhinya standar proses

d.      Terpenuhinya standar tenaga pendidik dan kependidikan

e.       Terpenuhinya sarana dan prasarana

f.        Tercapainya standar pengelolaan

g.       Terpenuhinya keuangan dan pembiayaan yang memadai

h.       Terpenuhinya standar penilaian

i.         Terealisasinya pengembangan budaya dan lingkungan sekolah


Indikator Keberhasilan Sekolah adalah sebagai berikut:



No

Program


Tahun I


Tahun II

Tahun III


Tahun IV

A.

PENINGKATAN SKL



1.      Peningkatan prestasi bidang akademik



2.      Peningkatan prestasi bidang non akademik
3.      Peningkatan jumlah kelulusan




Rata2 pencapaian NUN
7,06



2 Juara Kab
93 %

Rata2 pencapaian NUN

7,26

3 Juara Kab
96%

Rata2 pencapaian NUN

7,41

1 Juara III Prop
98%

Rata2 pencapaian NUN

7,56

1 Juara Prop
100%

B.

PENGEMBANGAN STANDAR ISI



1.      Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1
KTSP)
2.      Pengembangan silabus


3.      Pengembangan RPP
4.      Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku,
dan sebagainya



Tersusun 100% Tersusun 100%
10 mapel
10 mapel

Tersusun 100% Tersusun 100%

12 mapel

12 mapel

Tersusun 100%
Tersusun 100%

12 mapel
12 mapel


Tersusun 100%
Tersusun 100%

12 mapel
12 mapel

C.


PEMENUHAN STANDAR PROSES




1.      Pemenuhan persiapan pembelajaran

2.      Pemenuhan persyaratan pembelajaran
3.      Peningkatan pelaksanaan pembelajaran

4.      Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
5.      Peningkatan pengawasan proses
pembelajaran




80%

80%


70%


80%

80%


90%


90%

90%

90%


85%


80%

100%


100%


100%

90%

80%


100%

100%


100%


90%

D


PEMENUHAN STANDAR PENDIDIK DAN
TENAGA KEPENDIDIKAN




1.      Peningkatan kompetensi  kepala sekolah
2.      Peningkatan kompetensi tenaga pendidik
(guru)
3.      Peningkatan kompetensi tenaga
kependidikan lainnya



Pelatihan MBS 1 X

Pelatihan TIK 80%


Pelatihan TIK 70%


Pelatihan MBS 2 X

Pelatihan TIK 90%


Pelatihan TIK 80%


Pelatihan MBS 3 X

Pelatihan TIK 95%


Pelatihan TIK 85%


Pelatihan MBS 3 X

Pelatihan TIK 100%


Pelatihan TIK 95%


E

PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN
PRASARANA




1.      Pemenuhan sarana dan prasarana minimal
sesuai SNP

2.      Pemenuhan sarana dan prasarana pendukung
lainnya
3.      Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan
penilaian





Lantai kelas keramik
2 Lab IPA lengkap


Komputer R guru 2 set









Kompuer R guru 6 set







F


PEMENUHAN STANDAR PENGELOLAAN





1.      Dokumen RKS/RKAS

2.      Pemenuhan struktur organisasi dan
mekanisme kerja sekolah
3.      Peningkatan supervisi, monitoring,
evaluasi, dan akreditasi sekolah

4.      Dokumen peranserta masyarakat dan
kemitraan
5.      Pengembangan perangkat administrasi
sekolah (Program Aplikasi Sekolah)


100%

80 %


80%



90%


-





100%

90 %



90%


90%


Tersedia





100%

100 %



95%


90%


Tersedia





100%

100 %



100%


90%



Tersedia





G

PEMENUHAN STANDAR KEUANGAN DAN
PEMBIAYAAN



1.      Pengembangan sumber dana pendidikan
2.      Pengembangan penggunaan dana

3.      Peningkatan pelaporan penggunaan dana
4.      Pengembangan unit produksi usaha sekolah



3 sumber


80%

100%

1 unit


4 sumber

90%

100%



3 unit

4 sumber

95%



100%

4 unit

4 sumber



100%

100%

4 unit

H

PEMENUHAN STANDAR PENILAIAN
PENDIDIKAN




1.      Pengembangan perangkat penilaian

2.      Peningkatan pelaksanaan penilaian

3.      Pengembangan bank soal
4.      Pemenuhan mekanisme dan prosedur
penilaian oleh sekolah



85%


95%

75%


75%

90%

100%


90%


90%

95%


100%


100%

100%

95%


100%

100%


100%

I

PEMENUHAN PENGEMBANGAN BUDAYA



1.      Pengembangan budaya tertib dan bersih
2.      Pengembangan taman sekolah

3.      Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi


75%

60%


60%


80%

90%


75%


85%

100%


85%


90%

100%


90%



K.    SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI

Program supervisi, monitoring dan evaluasi selama 4 (empat) tahun adalah:

  1. Mewujudkan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan hasil-hasilnya
  2. Mewujudkan supervisi klinis (membuat  instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanjutnya)
  3. Mewujudkan supervisi klinis CTL, dan lainnya
  4. Mewujudkan evaluasi kinerja sekolah (internal)-à akhir tahun (memnetukan tim, membuat  instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan,  tindak lanjutnya)











                                                                                                                               

RKS
RAKS
RAKS 2
RAKS 3




0 komentar:

Post a Comment